S1 · Ekonomi Pertanian dan Agribisnis · Universitas Gadjah Mada

Sleman
Rp 500.000 - Rp 10.500.000/Semester
Akreditasi A
Full Time
Belum ada rating

Highlights

Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian ada sejak Fakultas Pertanian UGM berdiri, yaitu berdasarkan Peraturan Pemerintah No.37 Tahun 1950 dengan nama Seksi Penyelidikan Ekonomi Pertanian yang dipimpin oleh Almarhum Prof. Iso Reksohadiprodjo (Ahli Ekonomi Pertanian pertama di Indonesia). Sejak tahun 1972 dengan berlakunya sistim kredit, seksi tersebut diubah namanya menjadi Departemen Ekonomi Pertanian, dan pada tahun 1984 diubah lagi namanya menjadi Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian mengembangkan ilmu-ilmu sosial ekonomi pertanian yang melihat pertanian dari tingkah laku manusianya dan kaitannya dengan keadaan masyarakat secara keseluruhan. Dalam rangka menyesuaikan diri dengan Program Pendidikan Sarjana Pertanian seperti tertuang dalam SK Mendikbud No. 0411/U/1994, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian mempunyai dua program studi, yaitu Program Studi Ekonomi Pertanian dan Agribisnis serta Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian. Program Studi Ekonomi Pertanian dan Agribisnis terdiri atas dua konsentrasi studi yaitu Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. Pada program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian terdapat satu konsentrasi studi yaitu Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian. Program Studi Ekonomi Pertanian dan Agribisnis mengembangkan ilmu-ilmu ekonomi pertanian, meliputi segi mikro yang terutama berhubungan dengan pengelolaan usahatani dan pemasaran pertanian, serta segi makro yang berkaitan dengan alih teknologi di bidang pertanian.

Berikut ini adalah kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester jurusan Ekonomi Pertanian dan Agribisnis di Universitas Gadjah Mada
NoNama mata kuliahKredit
1Pendidikan Pancasila2
2Bahasa Indonesia2
3Fisika Dasar2
4Praktikum Fisika Dasar1
5Kimia Anorganik2
6Paktikum Kimia Anorganik1
7Biologi Umum3
8Matematika3
9Pengantar Ilmu Pertanian2
10Dasar-Dasar Manajemen2

* Dapat berubah sewaktu-waktu, kunjungi website resmi kampus untuk data terkini

Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.