Jurusan Statistika

Nama lain program studi

Statistika

Pelajaran SMA terkait

Matematika

Deskripsi

Statistika menjadi jurusan yang digemari. Terutama bagi yang menyukai dunia Matematika. Ilmu satu ini merupakan perpanjangan dari bidang studi Matematika. Yang membedakan adalah fokus ke data dan pengolahannya. Sederhananya adalah jika Anda kuliah disini Anda akan mempelajari tentang cara mengumpulkan, melakukan analisis dan menyajikan data ke bahasa yang lebih mudah dipahami oleh semua lapisan masyarakat.

Era Big Data, Jurusan Statistika Semakin Prospektif

Mengapa Jurusan Statistika?

Ada beberapa alasan mengapa Anda bisa memilih jurusan satu ini. Salah satu alasan yang mendasar jurusan satu ini menawarkan banyak keuntungan. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Keuntungan pertama, saat ini merupakan era Big Data dimana isinya berupa data dengan volume yang besar. Di era Big Data saat ini ahli statistika ini sangat dibutuhkan dan diperlukan oleh berbagai bidang.

Lulusan jurusan satu ini juga memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Ada berbagai pilihan profesi yang bisa didapatkan. Anda bisa menjadi aktuaris di perusahaan asuransi, dana pensiun, konsultan aktuaria, investasi dan manajemen resiko. Anda bisa bekerja di industri media dimana membutuhkan ahli statistika untuk bisa menentukan program yang mereka sajikan. 

Anda bisa bekerja di instansi pemerintah, dimana bekerja disini menjadi impian banyak orang. Anda bisa bekerja di BPS atau Badan Pusat Statistik untuk menangani berbagai macam survei. Banyak lulusan jurusan satu ini yang bekerja sebagai Electronic Data Processing. Saat ini sistem elektronik menjadi bagian penting dalam pendataan perusahaan. Banyak yang membutuhkan lulusan jurusan ini untuk melakukan pemrosesan tersebut.

Dunia Perkuliahan

Anda akan belajar selama 4 tahun atau kurang lebih 8 semester. Anda akan fokus bagaimana cara mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasi data. Pada dasarnya jurusan satu ini adalah cara belajar analisis untuk melakukan penelitian. Jurusan ini merupakan cabang ilmu dari Matematika dimana banyak statistikawan yang mana bertugas untuk merangkai dan merumuskan bahasa yang Matematis. Bahasa itu kemudian dijadikan sebagai alat untuk mengolah data. Dalam melakukan analisis data Anda akan dibantu dengan beberapa jenis software sehingga Anda tidak perlu takut dalam mengambil jurusan ini karena tidak selamanya membahas rumus dan menghitung Matematika.

Mata Kuliah

Mata kuliah yang akan Anda temui ini tidak jauh dari hitung menghitung. Anda akan mendapatkan mata kuliah seperti Kalkulus, Metode Survei Sampel, Komputasi Statistika, Analisis Data Kategori, Analisis Runtun Waktu dan masih banyak lagi lainnya. Jika Anda ingin meneruskan pendidikan ke pascasarjana belum banyak kampus yang menawarkan jurusan statistika ini. Meski begitu Anda bisa mengambil program pascasarjana yang lain misalnya mengambil di bidang Ekonomi dan sebagainya.

Prospek Kerja

Anda bisa menjadi PNS atau PNS Daerah. Selain itu Anda bisa menjadi pegawai bank, ahli statistik, sistem analis, aktuaria, dosen dan masih banyak lagi lainnya.  Gaji yang akan Anda dapatkan ini sangat tergantung dengan kemampuan, pengalaman, tempat bekerja, jabatan dan masih banyak lagi lainnya.

Demikianlah beberapa informasi tentang jurusan Statistika yang menarik untuk diketahui, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.