Jurusan Teknologi Pangan

Nama lain program studi

Ilmu dan Teknologi Pangan

Ilmu Teknologi Pangan

Pangan dan Nutrisi

Teknologi Pangan

Teknik Pangan

Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian

Teknologi Pasca Panen

Pelajaran SMA terkait

Biologi

Kimia

Deskripsi

Teknologi pangan adalah ilmu yang menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengoptimalkan manfaat dan nilai tambah dari bahan pangan maupun makanan. Seperti kita tahu, makanan sangat dibutuhkan umat manusia. Kita dituntut untuk terus berinovasi agar ketercukupan pangan bisa selalu dipenuhi. Karena itu, penggunaan teknologi mulai banyak digunakan di industri pangan. Teknologi bisa mengoptimalkan bahan pangan sehingga manfaat yang didapat akan lebih terasa.

Misalnya, perusahaan membeli suatu bahan baku untuk membuat produk tertentu. Perusahaan tersebut harus memikirkan cara agar bahan tersebut bisa tahan lama, kualitasnya terjaga sehingga hasil yang diperoleh pun sesuai keinginan. Lalu, bagaimana jika bahan tersebut mudah busuk atau rusak dalam jangka waktu tertentu? Nah, inilah tantangan yang harus dihadapi oleh mahasiswa jurusan ini. Mereka wajib mencarikan solusi atas masalah yang muncul di sektor pangan.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Teknologi Pangan

Ingin Berkarier di Bidang Industri Pangan? Masuk Teknologi Pangan Aja!

Sekilas Tentang Teknologi Pangan

Program studi teknologi pangan berkaitan dengan industri pangan, mulai dari produksi, bahan, tingkat keamanan, tingkat gizi dan lain-lain. Di jurusan ini, kamu banyak mempelajari disiplin ilmu sains seperti biologi, kimia, atau bahkan matematika. Sebab, hal ini berkaitan langsung dengan makanan yang menjadi objek dari studi ini. 

kemudian, proses belajar banyak mengenalkan pemanfaatan teknologi yang diterapkan di bidang pangan. Misalnya, penggunaan teknologi tertentu untuk pengawetan makanan, pemrosesan, penyimpanan, hingga pengemasan yang sampai ke tangan konsumen.  Selain itu, studi ini mempelajari keterkaitan antara makanan dan faktor sosialnya. Contohnya, bagaimana makanan akan berpengaruh terhadap sosial seseorang, budaya, bahkan hingga aspek psikologinya.

Alasan Memilih Jurusan Ini

Seperti dikatakan sebelumnya, industri pangan terus mengalami perkembangan signifikan. Hanya saja, timbul masalah-masalah lain yang memerlukan pemikiran seorang ahli. Misalnya saja, bagaimana suatu makanan dibuat, bahan apa yang gunakan, hingga efek yang timbul kepada tubuh konsumennya. Jurusan ini cocok dipilih oleh kamu yang punya minat di bidang pengolahan makanan. 

Dunia Perkuliahan

Dunia perkuliahan teknologi pangan bisa dikatakan gampang-gampang sulit. Hal ini tergantung dari minat dan semangat masing-masing individu. Yang jelas, saat memasuki masa kuliah kamu banyak diajari teori-teori tentang pangan yang bertumpu pada ilmu pengetahuan biologi, kimia, fisika, teknologi, dan lain-lain. Selain belajar di kelas, kamu pun akan bersahabat dengan laboratorium untuk melakukan praktek secara langsung. 

Karir dan Prospek Kerja

Karier teknologi pangan bisa dibilang cukup cerah. Para lulusannya bisa bekerja di industri pangan hingga bidang terkait lainnya. Apalagi, industri pangan saat ini berkemban sanat pesat, seperti makanan cepat saji, produk olahan susu, dan lain sebagainya. Nah, nantinya kamu bisa bekerja di sana dengan jabatan yang berbeda-beda. Misalnya, bekerja di bagian quality control. Tugasnya adalah memeriksa kualitas produk, baik dari segi bahan baku, alat, sampai hasil yang sudah jadi. Jabatan lain yang bisa didapat bila kuliah di jurusan ini antara lain manajer pertanian dan peternakan, ahli nutrisi, teknisi ilmu pangan, peneliti dan ahli teknologi pangan.