Jurusan Desain Interior

Nama lain program studi

Arsitektur Interior

Desain Interior

Pelajaran SMA terkait

Matematika

Seni Rupa

Deskripsi

Desain Interior bisa menjadi jurusan yang Anda pertimbangkan. Jurusan ini mempelajari tentang perancangan dan perencanaan maupun penataan dari sebuah ruang. Ada hal yang harus diperhatikan saat mendesain sebuah ruangan seperti memperhatikan fungsi, estetika, faktor psikologis maupun kenyamanan pengguna.

Masih ada beberapa orang yang menganggap jurusan ini sama dengan arsitektur, padahal kenyataannya berbeda. Untuk arsitektur objek yang dikaji ini berbeda dimana mereka akan mengkaji keseluruhan bangunan, sedangkan desain interior mengkaji tentang bagaimana melakukan optimalisasi untuk memanfaatkan ruangan.

Mengenal Jurusan Desain Interior Beserta Prospek Kerjanya

Mengapa Jurusan Desain Interior?

Mengapa harus memilih jurusan satu ini? Hal itu karena jurusan satu ini memiliki berbagai macam kelebihan yang mana tidak akan Anda dapatkan di jurusan yang lainnya.  Alasan pertama adalah jurusan satu ini memiliki bidang kajian yang beragam mulai dari fasilitas pendidikan, komersial, rekreasi, furniture maupun bagian teknologi.

Lulusan Interior Design ini akan ditawarkan dengan berbagai macam pilihan karir yang beragam dan luas. Anda sebagai lulusan bisa bekerja di perusahaan kontraktor. Bahkan Anda juga bisa mendirikan kantor konsultan sendiri sehingga akan sangat menarik. Saat ini banyak yang memiliki minat terhadap hunian yang modern sehingga sentuhan tangan ahli interior desain yang andal dan profesional ini sangat dibutuhkan.

Dunia Kuliah

Anda tidak perlu khawatir jika tidak pandai menggambar karena jurusan satu ini tidak mengharuskan Anda pandai dalam menggambar. Anda juga harus menyesuaikan diri dengan jadwal yang padat. Hal itu karena Anda akan belajar tentang dunia gambar, warna, model 3D, bisnis interior sampai dengan desain mebel. Jika passion Anda ada di dalam bidang ini Anda bisa mengerjakan tugas tersebut dengan penuh semangat dan tanpa merasa terbebani.

Universitas maupun perguruan tinggi di Indonesia menyelenggarakan program Jurusan Interior Design dengan tingkat strata 1 atau S1. Mata kuliah yang akan Anda temui saat belajar di jurusan ini pun sangat beragam yaitu tinjauan arsitektur, utilitas interior bangunan, metodologi desain dan masih banyak lagi lainnya.

Prospek dan Peluang Kerja

Prospek atau lulusan Jurusan Desain Interior ini sangat luas dan beragam. Anda bisa menjadi desainer interior atau konsultan. Selain itu Anda bisa bergabung dengan perusahaan dan mengisi posisi teknisi interior di perusahaan tersebut.  Jika tertarik dengan instansi pemerintah, Anda bisa bergabung dengan BUMN karena banyak BUMN yang mana fokusnya pada jasa konstruksi. 

Anda bisa menjadi pebisnis atau membangun usaha sendiri dengan membuka toko material maupun bahan yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan interior. Dengan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah, Anda sudah tahu bahan dan spesifikasi yang dibutuhkan dalam setiap proyek konstruksi interior.

Pengetahuan dan Keahlian

Anda akan memiliki kreativitas yang tinggi, kemampuan mendesain bangunan, merencanakan anggaran dan memiliki kemampuan analisis. Anda juga berorientasi pada detail dan memahami gambar 2D maupun 3D.

Jurusan Desain Interior ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kreativitas dan seni tinggi, dengan prospek menjanjikan jurusan satu ini bisa dijadikan sebagai pilihan saat Anda melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas.