Jurusan Sastra Jepang

Nama lain program studi

Bahasa dan Kebudayaan Jepang

Bahasa Jepang

Sastra Jepang

Studi Kejepangan

Pelajaran SMA terkait

Bahasa Jepang

Deskripsi

Sastra Jepang mulai banyak diminati di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan saat ini kecintaan masyarakat Indonesia akan budaya Jepang seperti anime ini meningkat. Masyarakat Indonesia juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang Jepang baik itu makanan, budaya dan hal lainnya. Negara yang terkenal dengan keindahan bunga sakuranya ini memiliki bahasa dan sastra yang sangat menarik untuk diketahui.

Saat mendengar sastra hal yang terngiang di kepala adalah hal yang menyeramkan. Hal itu karena Anda harus mendalami bahasa yang sulit dipahami orang awam. Di Indonesia sendiri sudah banyak perguruan tinggi yang menawarkan jurusan satu ini. Di jurusan ini Anda akan mendalami bahasa Jepang dan belajar banyak hal tentang Jepang terutama budayanya.

Jurusan Sastra Jepang Sangat Prospektif dan Banyak Diminati

Mengapa Jurusan Sastra jepang?

Ada beberapa alasan mengapa Anda bisa menjadikan jurusan satu ini sebagai pilihan.  Alasan pertama Jepang ini adalah negara maju di dunia.  Jepang ini adalah negara dengan ekonomi besar nomor tiga di dunia. Dengan mendalami bahasa dan sastra Jepang ini akan bermanfaat bagi Anda untuk membuka peluang kedepannya.

Alasan lain mengapa jurusan satu ini sangat prospektif adalah Jepang ini memiliki angka kelahiran yang rendah. Hal itu membuat jumlah tenaga kerja sulit dipenuhi oleh penduduk usia tua. Dengan begitu Anda akan memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima sebagai tenaga kerja di Jepang ini.

Jurusan ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai hal-hal yang berbaju Jepang. Anda juga bisa menimba ilmu sambil menjalankan hobi sehingga hal ini akan sangat menyenangkan bagi Anda. Menguasai bahasa asing juga menjadi kelebihan tersendiri dimana Anda akan semakin terbantu untuk mencari dan menjalani jenis pekerjaan tertentu di masa depan.

Prospek Kerja

Ada banyak prospek dan peluang kerja yang bisa Anda dapatkan dengan mengambil jurusan satu ini. Saat di bangku kuliah Anda akan belajar tentang teknik penerjemahan bahasa Jepang. Dengan ilmu yang Anda dapatkan di masa kuliah ini bisa Anda jadikan sebagai bekal saat Anda lulus nanti. 

Pekerjaan menjadi penerjemah ini banyak diminati oleh Jurusan Sastra Jepang. Penerjemah dituntut bisa memenuhi kewajiban seperti menjaga konteks dan konten. Selain itu juga bertanggung jawab menjaga gaya bahasa yang digunakan di dalamnya.

Anda yang suka dengan travelling bisa menjadi seorang pemandu wisata. Untuk menjadi seorang pemandu wisata ini dibutuhkan kemampuan multi bahasa. Selain Bahasa Indonesia dan Inggris, pemandu harus memiliki skill bahasa lain minimal menguasai bahasa Jepang, Jerman dan Perancis.

Lulusan Jurusan Sastra Jepang ini memiliki peluang yang lebih tinggi untuk bekerja di kantor kedutaan. Anda yang bekerja disini bisa menjalin relasi dengan orang penting, bahkan dari segi gaji yang ditawarkan cukup besar.

Lulusan jurusan satu ini memiliki peluang kerja di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia. Hubungan Indonesia dengan Jepang sangat baik sehingga Jepang bisa memberikan kesempatan bagi fresh graduate untuk bekerja di Negeri Sakura ini. Potensi lulusan jurusan satu ini untuk bekerja di staf departemen luar negeri ini juga sangat terbuka dengan lebar.

Jurusan Sastra Jepang ini memiliki prospek yang luas dan jenjang karir yang beragam sehingga jurusan satu ini sangat sayang untuk dilewatkan, persiapkan diri Anda sebaik-baiknya karena persaingan yang harus Anda hadapi cukup ketat.