Jurusan Pemerintahan

Nama lain program studi

Pemerintahan

Ilmu Pemerintahan

Manajemen Pemerintahan

Politik dan Pemerintahan

Ilmu Politik

Pelajaran SMA terkait

Sosiologi

Deskripsi

Ilmu Pemerintahan menjadi jurusan yang banyak diminati. Ada berbagai hal yang akan dikaji jurusan ini. Hal tersebut seperti organisasi, manajemen dan kepemimpinan di organisasi, administrasi dan lain sebagainya. Selama kuliah ini Anda akan dibekali dengan berbagai macam keterampilan komunikasi dan melakukan negosiasi. Jika Anda ingin terjun di dunia politik atau di instansi pemerintah maka jurusan ini sangat tepat untuk Anda.

Bagaimana Prospek Ilmu Pemerintahan? Simak Selengkapnya Disini!

Mengapa Harus Jurusan Ilmu Pemerintahan?

Ada beberapa alasan mengapa Anda bisa mengambil Jurusan Ilmu Pemerintahan. Alasan yang pertama jurusan satu ini memiliki wawasan yang luas. Jurusan ini sangat cocok bagi Anda yang peka dengan isu politik. Jurusan satu ini juga cocok bagi Anda yang ingin terjun ke dalam dunia medis maupun jurnalis.

Anda sebagai lulusan bisa terjun ke dunia politik. Di dunia tersebut Anda bisa menjadi anggota dari partai politik maupun legislatif. Saat kuliah Anda akan terbiasa menganalisis kebijakan. Bekal ini akan bermanfaat bagi Anda yang menjadi seorang konsultan. Anda bisa membantu pemerintah dalam menyusun atau mengevaluasi kebijakan publik.

Alasan lainnya mengapa Anda bisa memilih jurusan ini sebagai pilihan adalah Anda bisa menjadi aktivis dalam organisasi. Hal itu karena semasa kuliah Anda akan dibekali kemampuan maupun pengetahuan untuk menjadikan masyarakat menjadi ideal melalui kebijakan yang efektif.  Orang dengan ilmu pemerintahan sangat dibutuhkan di sektor pemerintah karena mampu memberikan dinamika dan menjunjung tinggi demokrasi.

Dunia Perkuliahan

Umumnya dunia perkuliahan ini ditempuh dalam waktu 4 tahun atau 8 semester. Anda akan belajar bagaimana pemerintah bisa memenuhi harapan maupun kebutuhan akan jasa dan layanan publik yang ada di suatu negara. Selain itu akan dibahas tentang lembaga publik yang mana melaksanakan fungsinya dalam mencapai tujuan penyelenggaraan negara.

Objek dan subjek dari jurusan ini meliputi lembaga eksekutif, yudikatif, legislatif dan lembaga lainnya yang mana diatur ke dalam Undang-Undang. Beberapa mata kuliah yang bisa Anda temui adalah pelayanan sektor publik, analisis dan teknik negosiasi, tata kelola pemerintahan, komunikasi pemerintahan dan perilaku pemerintahan daerah. 

Anda juga akan menemukan mata kuliah manajemen program pembangunan, pemilu dan partai politik, politik desentralisasi, manajemen konflik dan sebagainya. Jika sudah lulus Anda akan mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Pemerintahan. Anda bisa melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Anda bisa mengenyam pendidikan di jenjang pascasarjana dimana banyak kampus bergengsi yang bisa Anda pilih untuk melanjutkan pendidikan Anda setelah lulus.

Prospek Kerja

Anda bisa bekerja di instansi milik pemerintah. Ada juga peluang bekerja di dunia politik, industri media, pendidikan dan masih banyak lagi lainnya. Tidak hanya di sektor pemerintah saja, Anda juga bisa bekerja di perusahaan yang mana membutuhkan berbagai macam disiplin ilmu. 

Gaji yang ditawarkan oleh lulusan jurusan satu ini sangat kompetitif. Gaji yang diberikan ini tentunya mempertimbangkan berbagai macam aspek seperti kemampuan, pengalaman, area dalam bekerja dan jabatan. Jika Anda masih bingung ada beberapa pilihan karir yang bisa Anda dapatkan atau geluti seperti jurnalis atau reporter, sistem analis, pegawai bank, PR atau Public Relations, Politisi dan masih banyak lagi lainnya.

Demikianlah beberapa informasi tentang Jurusan Ilmu Pemerintahan yang menarik untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.