Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis

Nama lain program studi

Administrasi Bisnis

Administrasi Niaga

Ilmu Administrasi Bisnis

Ilmu Administrasi Niaga

Pelajaran SMA terkait

Ekonomi

Matematika

Deskripsi

Ilmu Administrasi Bisnis sering disebut dengan Administrasi Niaga. Jurusan satu ini memiliki cakupan ilmu yang luas. Anda tidak hanya belajar menjalankan bisnis maupun perusahan namun Anda juga dituntut untuk bisa mengembangkan sebuah produk. Tidak heran jika saat kuliah Anda mempelajari tentang keuangan, HR, manajemen proyek, penelitian sampai dengan strategi pemasaran.

Pada dasarnya jurusan Ilmu Administrasi Bisnis ini akan mempelajari berbagai macam hal. Terutama yang ada hubungannya dengan operasional bisnis di sebuah perusahaan dengan melakukan berbagai macam pendekatan yang strategis. Lulusan akan memulai karir sebagai analis bisnis, staf HRD, marketer, konsultan atau membangun perusahaan sendiri dengan mengaplikasikan semua ilmu yang didapatkannya selama ada di bangku kuliah.

Mengenal Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis dan Prospek Kerjanya

Mengapa Jurusan Administrasi Bisnis?

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan bagi lulusan Jurusan Administrasi Bisnis ini. Alasan pertama Jurusan Administrasi Bisnis ini memiliki pilihan yang sangat beragam. Hal itu karena lulusan akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang ada hubungannya dengan pengelolaan operasional bisnis. 

Dunia bisnis saat ini dan di masa depan yang terus tumbuh dan berkembang membuat lulusan Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis ini akan terus dibutuhkan. Di jurusan ini Anda akan belajar bagaimana cara mengelola bisnis mulai dari nol. Jurusan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merintis usaha sesegera mungkin.

Dunia Perkuliahan

Jurusan Administrasi Bisnis di Indonesia ini tersedia dalam jenjang D3 sampai dengan S1. Jurusan ini dikenal sebagai Administrasi Niaga baru beberapa tahun terakhir ini diubah namanya menjadi Administrasi Bisnis. Tidak hanya nama saja yang diubah namun kurikulum yang ada didalamnya ini juga disesuaikan. 

Beberapa kampus memasukkan jurusan ini ke dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Ada juga yang memasukkannya ke dalam Fakultas Ilmu Administrasi. Jika jenjang pendidikan adalah S1, jurusan satu ini harus ditempuh dalam waktu 8 semester. Pada semester 5 Anda akan memilih peminatan. Ada beberapa peminatan yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan seperti SDM, Pemasaran, Bisnis Internasional dan Keuangan.

Prospek Kerja

Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis ini memiliki prospek yang cerah dan memiliki prospek yang beragam. Anda bisa menentukan karir sesuai dengan passion yang dimiliki. Pilihan karir yang bisa Anda pilih adalah wirausaha, digital marketing, HRD, dosen dan tata usaha atau admin.

Pengetahuan dan Keahlian

Ada banyak pengetahuan dan keahlian yang bisa Anda dapatkan dengan memilih jurusan satu ini seperti kemampuan manajerial, kemampuan analisis, kemampuan berkomunikasi, kemampuan mengelola organisasi. Anda juga akan dibekali dengan kemampuan analisis, memahami Matematika dan terakhir memahami pasar.

Jika Anda tertarik untuk menggeluti bisnis, jurusan satu ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Di jurusan ini Anda akan mendapatkan berbagai macam mata kuliah yang bisa Anda gunakan untuk menggeluti bisnis. Ada banyak pilihan kampus bergengsi yang memiliki Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis ini sehingga persiapkan diri Anda sebaik-baiknya agar bisa diterima di kampus favorit Anda.