Jurusan Desain Komunikasi Visual

Nama lain program studi

Desain Komunikasi Visual

Pelajaran SMA terkait

Seni Rupa

Deskripsi

Desain Komunikasi Visual sering disingkat dengan DKV. Jurusan satu ini merupakan bagian dari desain yang mana mempelajari tentang konsep komunikasi dan ungkapan yang kreatif. Lulusan DKV ini diharapkan mampu mengolah pesan dari komunikasi tersebut menjadi hal yang lebih menarik, komunikatif, bahkan informatif.

Mahasiswa di jurusan yang satu ini tidak hanya dituntut jago menggambar. Mahasiswa juga dituntut mampu menghasilkan karya seni sehingga bisa mencapai tujuan yang ditetapkan misalnya saja mampu mempengaruhi perilaku dari seseorang. Jurusan ini juga merupakan cabang dari ilmu desain, mahasiswa akan banyak dibantu untuk bisa mengembangkan bahasa visual dalam bentuk gambar, mengolah pesan di dalam bentuk kata agar pesan itu bisa diterima dengan baik.

Desain Komunikasi Visual, Salah Satu Jurusan Terbaik Bagi yang Hobi Menggambar!

Mengapa Jurusan DKV?

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memilih jurusan DKV dimana Anda bisa mendalami ilmu yang lebih spesifik saat di perkuliahan semester ke-3. Konsentrasi minat yang bisa dipilih adalah Komunikasi Visual Periklanan, Komunikasi Multimedia dan Komunikasi Grafis.

Ada banyak software yang bisa Anda kuasai seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Premiere, Adobe inDesign, SketchUp, dan masih banyak lagi lainnya. Tidak hanya mempelajari tentang grafis dua dimensi 2D, Anda juga bisa belajar desain yang diaplikasikan pada media baru secara tiga dimensi. 

Mengambil Jurusan Desain Komunikasi Visual ini Anda bisa menguasai berbagai macam ilmu desain dilihat dari sudut pandang bisnis, hal itu karena karya yang Anda buat ini harus Anda sesuaikan dengan tujuan tertentu seperti tujuan perusahaan.

Prospek Kerja

Bagi Anda lulusan jurusan DKV, peluang kerja tidak pernah sepi. Hal itu karena setiap perusahaan ini memerlukan seseorang yang mana mampu menyampaikan pesan secara virtual. Tidak hanya itu saja lulusan DKV bisa bekerja secara mandiri sebagai pebisnis atau freelancer. 

Anda bisa menggeluti bisnis animator, web desainer, layouter, ilustrator dan masih banyak lagi lainnya. Ada beberapa bidang utama yang bisa Anda geluti seperti percetakan dan penerbitan, PH atau Production House, biro konsultan, industri game, produksi film, konsultan desain dan masih banyak lagi lainnya.

Meski peluang kerja yang ditawarkan ini cukup banyak dan luas, tingkat persaingan dalam dunia kerja juga cukup ketat.  Untuk bisa mendapatkan kerja sesuai yang Anda harapkan penting untuk memiliki portofolio yang beragam. Sisi penghasilan yang bisa Anda peroleh ini juga cukup variatif tergantung dengan kemampuan, tempat, jabatan, dan pengalaman yang Anda miliki.

Pengetahuan dan Keahlian

Anda akan mendapatkan berbagai macam pengetahuan dan keahlian. Anda bisa mendapatkan kemampuan komunikasi verbal, visual, dan tekstual. Anda akan semakin kreatif dan inovatif, Anda juga memiliki keterampilan menggambar teknis dan mengoperasikan software gambar.  Anda akan memiliki kemampuan dalam berpikir kritis dan kemampuan untuk melakukan analisis.

Dunia Perkuliahan

Sebelum masuk dunia perkuliahan Anda harus menjalani tes khusus seperti menggambar. Tes ini menjadi syarat awal bagi mahasiswa yang ingin masuk ke Jurusan DKV dan Seni Rupa. Selama masa kuliah Anda akan mendapatkan banyak tugas seperti Adobe inDesign, Adobe Premiere, CorelDraw dan berbagai macam software yang berhubungan desain grafis lainnya.

Selain Jurusan Seni Rupa, Anda yang hobi menggambar bisa memilih Jurusan DKV ini. Dengan mengambil Jurusan Desain Komunikasi Visual kemampuan menggambar Anda akan semakin terasah.