Jurusan Kesehatan Masyarakat

Nama lain program studi

Dharma Usada

Ilmu Kesehatan Masyarakat

Kesehatan Masyarakat

Pelajaran SMA terkait

Biologi

Deskripsi

Jurusan Kesehatan Masyarakat atau Kesmas ini banyak diminati. Jurusan ini dianggap memiliki prospek yang cerah karena menjadi kebutuhan primer di masyarakat. Dalam program studi ini, Anda akan menerapkan bidang ilmu yang mempelajari tentang pencegahan dan pengobatan penyakit.

Anda akan mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungan, dan metode yang dilakukan untuk mencegah penyakit. Di jurusan ini Anda mempelajari banyak hal seperti manajemen administrasi kesehatan dan penyuluhan kesehatan yang ada di masyarakat. Bahkan Anda bisa mempelajari ilmu gizi di prodi ini.

Kupas Tuntas Jurusan Kesehatan Masyarakat atau Kesmas, Anda Wajib Tahu!

Mengapa Memilih Jurusan Kesehatan Masyarakat?

Ada banyak alasan mengapa Anda bisa menjadikan jurusan ini sebagai pilihan. Alasan  pertama, Anda akan memiliki kompetensi yang bisa dijadikan sebagai jawaban atas kebutuhan ahli Kesehatan Masyarakat. Jurusan ini membantu Anda mempelajari penanganan wabah dan epidemiologi, maupun perancangan standar keselamatan dan kesehatan kerja.

Instansi pemerintah memerlukan lulusan jurusan satu ini untuk menangani berbagai macam permasalahan kesehatan lingkungan. Masalah kesehatan ini semakin kompleks di berbagai wilayah di Indonesia. Lulusan Jurusan Kesmas ini dibutuhkan dalam berbagai sektor sehingga tidak mengherankan jika lulusan satu ini memiliki prospek yang sangat cerah.

Anda akan memiliki kesempatan untuk melakukan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Anda bisa melanjutkan ke jenjang pascasarjana di kampus ternama. Anda bisa menjadi ahli Kesmas yang kompeten dan profesional.

Anda akan menjadi garda depan untuk mengedukasi masyarakat tentang bagaimana menjaga kesehatan. Tidak hanya bekerja di dunia medis saja namun Anda bisa bekerja di berbagai sektor. Anda bisa bekerja di bidang manufaktur, mengisi divisi tertentu di sebuah perusahaan dan bekerja di minyak dan gas.

Dunia Perkuliahan

Selain Jurusan Kedokteran, jurusan yang berhubungan dengan kesehatan ini menjadi favorit karena prospeknya cerah. Untuk menyelesaikan pendidikan Anda membutuhkan waktu kurang lebih 4 tahun atau 8 Semester untuk menyandang gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat.

Di jurusan ini Anda akan dibekali dengan keterampilan dasar. Keterampilan ini disebut dengan MIRACLE dimana M adalah Manajer, I adalah Inovator atau Pembaharu, R adalah Researcher atau peneliti. Untuk huruf A adalah Apprentice yaitu mampu belajar dalam tim dan bisa bekerja dengan cepat. Selanjutnya C adalah Communitarian atau merakyat, L adalah Leader atau Pemimpin dan terakhir huruf E yang artinya Educator atau pendidik.

Anda akan belajar tindakan preventif dan promotif, selain itu juga belajar bagaimana caranya supaya masyarakat ini selalu sehat dan tidak merasakan sakit. Anda akan belajar tentang penyakit dan bagaimana cara penyebarannya. Anda akan dilatih melakukan organisasi agar masyarakat ini memperoleh haknya dalam kesehatan sehingga mereka bisa mendapatkan harapan hidup yang lebih panjang.

Mata Kuliah yang Beragam

Anda akan mendapatkan berbagai macam mata kuliah yang beragam seperti Ilmu Kependudukan, Kesehatan Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan, Renval Kesehatan, Kebijakan Kesehatan, Keselamatan dan Kesehatan dan masih banyak lagi lainnya.

Jurusan Kesehatan Masyarakat ini memiliki kontribusi yang lebih luas dibandingkan jurusan kesehatan yang lainnya, jika Anda tertarik dengan jurusan ini persiapkan diri Anda sebaik-baiknya karena persaingannya begitu ketat.