Jurusan Ilmu Perpustakaan

Nama lain program studi

Ilmu Perpustakaan

Perpustakaan dan Sains Informasi

Perpustakaan

Ilmu Informasi dan Perpustakaan

Perpustakaan dan Informasi

Perpustakaan dan Ilmu Informasi

Pelajaran SMA terkait

Matematika

Deskripsi

Ilmu Perpustakaan mengajarkan bagaimana caranya mengelola perpustakaan dengan baik. Anda akan belajar tentang arsip, penyimpanan buku maupun dokumen. Anda juga bisa mengelola informasi dengan baik supaya lebih mudah ditemukan saat diinginkan.

Seperti Apa Prospek Jurusan Ilmu Perpustakaan?

Mengapa Jurusan Ilmu Perpustakaan?

Ada banyak alasan mengapa Anda bisa menjadikan jurusan satu ini sebagai pilihan. Yang pertama Anda akan memiliki peluang kerja yang luas, hal itu karena semua instansi membutuhkan tenaga ahli di bidang perpustakaan ini. Anda akan memiliki kesempatan dan peluang untuk studi ke jenjang yang lebih tinggi atau pascasarjana. Anda bisa kuliah dengan mengandalkan beasiswa di kampus bergengsi di dalam maupun luar negeri.

Selain berkarir sebagai Pustakawan atau Arsiparis, Anda bisa mengembangkan diri Anda menjadi peneliti. Misalnya Anda menganalisis perilaku manusia dalam mencari sebuah informasi. Anda juga bisa menganalisis perilaku manusia saat mencari informasi digital seperti informasi di dalam buku elektronik dan lain sebagainya. Anda akan memiliki keahlian untuk merencanakan, mendesain dan mengembangkan sistem dan jasa informasi. Selain instansi pemerintah tentu saja banyak perusahaan yang akan melirik lulusan jurusan satu ini.

Dunia Perkuliahan

Banyak yang penasaran bagaimana dunia perkuliahan di jurusan Ilmu Perpustakaan ini. Anda tidak hanya berkutat dengan buku tebal di perpustakaan saja. Anda juga akan belajar tentang sistem informasi, database, ilmu komputer dan multimedia. Keterampilan teknologi informasi dan komputer ini akan sangat membantu karena Anda akan belajar tentang metadata langsung dan online.

Selama 4 tahun atau 8 semester ini Anda akan dibekali dengan organisasi berbagai sumber informasi dan memberikan pelayanan prima. Anda akan dibekali dengan keterampilan mengelola informasi. Saat lulus gelar Sarjana yang Anda dapatkan adalah Sarjana Sosial atau Sarjana Humaniora.

Mata kuliah yang akan Anda temui adalah Metadata untuk Temu Balik Informasi, Pangkalan Data, Administrasi Lembaga Informasi, Klasifikasi, Kosakata Indeks, Manajemen Koleksi, Manajemen Perpustakaan, Literasi Informasi, Sistem Pemberkasan,  Aplikasi Teknologi Pengelolaan Informasi dan masih banyak lagi lainnya.

Prospek Kerja

Lulusan Jurusan Ilmu Perpustakaan ini tidak hanya belajar di bagian perpustakaan saja. Lulusan bisa bekerja di lembaga arsip, manajemen rekod, bidang kepustakaan, kearsipan, pengelolaan informasi dan masih banyak lagi lainnya. Bagi semua instansi, dokumen dan informasi adalah aset sehingga tidak mengherankan jika manajemen arsip maupun pengelola dokumentasi ini begitu dibutuhkan.

Beberapa pilihan karir lainnya adalah PNS, Tata Usaha atau Admin, Market Researcher, Pustakawan, Kurator, Data Scientist, Penulis atau Content Writer, Pustakawan, dan masih banyak lagi lainnya.

Demikianlah beberapa informasi tentang Jurusan Ilmu Perpustakaan yang menarik untuk Anda ketahui semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.