Jurusan Akuakultur

Nama lain program studi

Akuakultur

Manajemen Sumber Daya Perairan

Manajemen Sumber Daya Akuatik

Budidaya Perairan

Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air

Pelajaran SMA terkait

Biologi

Deskripsi

Akuakultur juga sering disebut dengan Jurusan Budidaya Perairan. Sesuai dengan namanya jurusan ini akan mempelajari berbagai macam hal tentang budidaya ikan, baik itu ikan di air laut dan di air tawar. Tidak hanya itu saja jurusan ini juga mempelajari berbagai macam biota air lainnya. Mahasiswa yang ada di jurusan ini akan mempelajari tentang teknik menangkap ikan di laut maupun darat seperti sungai dan danau. Yang menjadi perantara adalah nelayan, kapal perikanan, pelabuhan dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan memilih jurusan ini, Anda akan menjadi pakar atau ahlinya ikan. Anda bisa tahu mana ikan yang sakit dan sehat. Program studi satu ini sangat mirip dengan Budidaya Perikanan. Yang membedakannya di Jurusan Budidaya Perairan ini jauh lebih luas dan kompleks. Anda tidak hanya mempelajari tentang pembibitan, pemeliharaan, kesehatan maupun teknologi pakan ikan saja. Anda juga akan mempelajari tentang kelestarian lingkungan.

Memiliki Perairan yang Luas, Jurusan Akuakultur Sangat Prospektif

Dunia Kuliah

Budidaya perairan ini akan identik dengan berbagai macam teknik budidaya. Masa pendidikan jurusan satu ini selama 8 semester atau kurang lebihnya 4 tahun. Anda akan mempelajari berbagai macam teknologi seperti manajemen pembenihan dan pembesaran ikan. Anda juga akan mempelajari tentang kualitas air, pencegahan dan penanganan hama atau penyakit, perencanaan usaha budidaya atau ikan air tawar, payau maupun laut. Salah satu hal yang wajib Anda kuasai saat belajar di hafal dengan nama ilmiah ikan.

Mata kuliah yang akan Anda temui adalah Teknologi Perikanan, Bioteknologi Akuakultur, Budidaya Perairan, Genetika dan Pemuliaan Ikan, Nutrisi Ikan, Teknologi Penanganan Hasil Perikanan, Teknologi Pembenihan Ikan, Manajemen Kesehatan Ikan, Pengembangan Pakan Ikan Alternatif, Manajemen Kualitas Air dan masih banyak lagi lainnya.

Memilih jurusan ini akan membuat Anda sibuk. Hal itu karena kegiatan kuliah akan disibukkan dengan aktivitas praktikum. Bahkan tiap semester Anda akan ada praktikum yang akan membuat Anda sampai menginap. Akan ada praktikum reproduksi ikan dimana Anda harus melakukan observasi selama 10 menit. Tidak hanya itu saja Anda harus melakukan pemijahan sehingga Anda harus menginap di laboratorium. Laboratorium ini bisa menjadi rumah kedua bagi Anda.

Prospek Kerja

Peluang karir bagi lulusan Jurusan Akuakultur ini sangat banyak. Bahkan lulusan jurusan satu ini bisa menciptakan peluang kerja sendiri misalnya mendirikan usaha perikanan. Dengan membuka usaha ini Anda memiliki kontribusi untuk mengurangi pengangguran.

Jika Anda bekerja di perusahaan, gaji dari lulusan Budidaya Perairan ini sangat bervariasi. Gaji yang akan Anda dapatkan ini sangat tergantung dengan tempat bekerja, jabatan dan pengalaman yang Anda miliki. Karir di bidang perikanan dan kelautan ini menjadi pilihan utama. Selain itu Anda juga bisa bekerja di sektor yang lain seperti pendidikan dan jasa. 

Mengapa Jurusan Budidaya Perairan?

Ada beberapa alasan mengapa Anda bisa memilih jurusan Akuakultur. Alasan pertama adalah potensi perairan di Indonesia ini begitu tinggi sehingga lulusan jurusan ini diperlukan untuk mengelola potensi yang ada. Alasan selanjutnya adalah memiliki berbagai macam peluang kerja yang beragam.

Demikianlah informasi tentang Jurusan Akuakultur yang menarik untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.