Jurusan Agroekoteknologi

Nama lain program studi

Agroekoteknologi

Agroteknologi Pertanian

Agroteknologi

Rekayasa Pertanian

Teknologi Agroindustri

Pelajaran SMA terkait

Biologi

Deskripsi

Agroekoteknologi mungkin masih terasa asing. Banyak yang masih awam dengan jurusan satu ini, padahal menjadi jurusan atau program studi yang lekat dengan negara agraris Indonesia. Jurusan satu ini akan menggabungkan ilmu pertanian yang lebih komplek. Program studi satu ini menggabungkan berbagai macam program studi di Fakultas Pertanian yaitu Agronomi, Ilmu Tanah maupun Hama dan Penyakit Tumbuhan.

Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan diajarkan berbagai macam dasar ilmiah seperti menemukan, menganalisis dan memecahkan berbagai macam masalah dengan berpikir analitik, kreatif dan eksploratif di dalam berbagai bidang agronomi. Program studi ini akan memberikan bekal kepada mahasiswa dengan kemampuan akademik seperti menerapkan mengembangkan dan memperkaya ilmu pengetahuan di dalam berbagai bidang.

Mengenal Jurusan Agroekoteknologi yang Belum Banyak Diketahui

Mengapa Jurusan Agroekoteknologi?

Ada beberapa alasan mengapa Anda bisa memilih Jurusan Agroekoteknologi. Alasan yang pertama adalah Anda bisa mempelajari berbagai macam tumbuh-tumbuhan, mempelajari bagaimana pertumbuhannya dan cara pengolahannya. Jika Anda suka dengan kelestarian lingkungan dan suka dalam melakukan inovasi maka Anda bisa meningkatkan produksi maupun hasil pengolahannya. 

Anda yang memiliki cita-cita untuk mengembangkan pertanian Indonesia agar lebih modern. Selain itu memiliki kelanjutan pertanian yang baik dari sisi budaya, ekonomi, lingkungan dan teknologi, dan sisi sosial maka jurusan satu ini layak Anda pertimbangkan.

Dunia Perkuliahan

Jika Anda memiliki minat terhadap tumbuhan, jurusan satu ini akan sangat menarik untuk Anda. Dalam dunia perkuliahan, Anda akan mempelajari tentang tanaman, pangan, tumbuhan dan hortikultura. Anda juga bisa belajar tentang bagaimana cara menanam tanaman yang benar, memproses panen. Anda juga belajar bagaimana cara mengolah hasil panen sampai dengan memproduksi agar mendapatkan hasil akhir yang baik.

Anda bisa belajar tentang sains selain itu juga belajar rekayasa produksi tanaman, selain itu mahasiswa akan mempelajari tentang pengelolaan tanah supaya hasil pertanian menjadi lebih baik. Semakin baik hasil pertanian dan ketersediaan pangan mampu membuat kualitas hidup manusia akan semakin meningkat.

Saat kuliah di jurusan ini Anda akan menemukan berbagai macam mata kuliah yang menarik seperti Sistem Pertanian Berkelanjutan. Anda juga akan mempelajari Teknologi Pasca Panen, Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman, Pengantar Ilmu Pertanian, Teknologi Perlindungan Tanaman, Pembenihan, Pengantar Ilmu Pertanian dan masih banyak lagi lainnya.

Peluang Kerja

Memang banyak Perguruan Tinggi yang menawarkan jurusan satu ini, tidak mengherankan jika lulusan dari jurusan ini banyak dan melimpah ruah. Peluang kerja di bidang pertanian akan menjadi rebutan para lulusan. Lulusan Jurusan Agroekoteknologi ini bisa sebagai peneliti. Misalnya saja menjadi peneliti di Litbang atau Badan Penelitian dan Pengembangan, baik itu di Pemerintahan Daerah maupun Kementerian.

Banyak juga instansi atau lembaga pemerintah yang mana membutuhkan Sarjana Pertanian satu ini. Anda bisa bekerja di Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan LIPI, BUMN, dan masih banyak peluang kerja yang menanti lulusan jurusan satu ini.

Agroekoteknologi menjadi jurusan yang bisa Anda pertimbangkan mengingat teknologi dan industri pertanian ini akan terus berkembang menjadi lebih maju dan canggih, semoga informasi ini bermanfaat.