Jurusan Teknik Konstruksi Perkapalan

Nama lain program studi

Teknik Konstruksi Perkapalan

Teknik Perkapalan

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Deskripsi

Teknik konstruksi perkapalan adalah jurusan yang berfokus pada perancangan, konstruksi dan perawatan kapal. Jurusan ini bisa ditemukan di sebagian kampus di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, dan Universitas Jember. Program studi ini fokus membahas desain kapal, proses produksi, hidrodinamika, dan hal lainnya yang berkaitan dengan kapal. Jurusan ini bisa dikatakan sebagai prodi yang anti mainstream sebab tidak sepopuler seperti jurusan kuliah lainnya.

Kuliah Teknik Konstruksi Perkapalan, Habis Lulus Jadi Apa? Simak Penjelasan Berikut

Dunia Perkuliahan

Sesuai dengan namanya, teknik konstruksi perkapalan fokus mempelajari semua hal yang berkaitan dengan persoalan kapal. Mulai dari konstruksi, perancangan, struktur, hingga maintenance kapal, semuanya dipelajari di jurusan ini. Kamu yang kuliah di jurusan ini akan kenyang disuguhi teori-teori tentang kapal dari berbagai mata kuliah yang ada. 

Beberapa jenis mata kuliah yang mungkin ditemukan antara lain, dinamika kapal, konstruksi kapal, Perancangan kapal, Manajemen pelayaran, manajemen pelabuhan, sistem transportasi laut, teknik perkapalan dan lain-lain. Tak heran jika nantinya mahasiswa dituntut untuk paham dengan seluk-beluk serta desain dari masing-masing kapal.

Selain belajar teori di kelas, para mahasiswa akan dibiasakan untuk turun dan terjun ke lapangan langsung. Hal ini demi memastikan bahwa mahasiswa bisa melihat persoalan secara lebih real, dan mencarikan solusi atas masalah tersebut. Artinya, selain belajar di kelas kamu akan akrab dengan laboratorium praktek atau mengunjungi kapal secara langsung. Jadi, dunia perkuliahan tidak terasa membosankan dan lebih asyik untuk dijalani. 

Alasan Masuk Teknik Konstruksi Perkapalan

Jurusan teknik konstruksi perkapalan tidak banyak dikenal masyarakat. Jurusan ini masih tergolong baru, dan kemungkinan jarang dilirik calon mahasiswa. Hal ini bisa menjadi keuntungan bagi kamu yang ingin kuliah di fakultas teknik. Jika berani mengambil jurusan ini, artinya kamu berani tampil beda di luar mayoritas orang kebanyakan. Kamu bisa merasa eksklusif sehingga lebih semangat dalam menjalani masa kuliah. Terlebih kalau punya minat lebih di bidang perkapalan, maka jurusan ini sangat cocok untuk dipilih. 

Prospek Kerja

Sekarang ini banyak dibangun pelabuhan demi menunjang kemaritiman dan perkapalan nasional. Mulai dijalankannya tol laut juga membuat industri kapal bisa naik dengan begitu cepat. Sehingga, hal tersebut pun menyebabkan lulusan konstruksi kapal semakin dibutuhkan setiap waktunya. 

Ya, kamu yang kuliah di jurusan ini punya kesempatan karir jangka panjang yang menjanjikan. Beberapa prospek pekerjaan untuk lulusan ini antara lain tenaga ahli perkapalan, bekerja di perusahaan pelayaran, konsultan, surveyor di biro klasifikasi nasional, menjadi pengajar (dosen), dan berbagai bidang pekerjaan lainnya. Prospek kerja lulusan teknik konstruksi perkapalan memang menjanjikan sebab memiliki estimasi gaji yang cukup tinggi.