Jurusan Teknik Geologi

Nama lain program studi

Geologi

Teknik Geologi

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Deskripsi

Teknik Geologi adalah jurusan yang fokus mempelajari bumi, mulai dari komposisi, struktur, fisik, hingga sejarah pembentukannya. Ilmu ini mencakup tentang pemanfaatan sumber daya alam serta membahas persoalan yang sering terjadi di dalamnya. Nantinya, selain mempelajari ilmu pertambangan dan perminyakan, mahasiswa pun akan dikenalkan dengan mitigasi bencana atau pencegahan bencana alam. Jurusan ini menawarkan prospek kerja yang menjanjikan.

Mengenal Teknik Geologi, Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Mengapa Harus Teknik Geologi?

Jurusan ini cocok dipilih oleh kamu yang menyukai tentang ilmu bumi. Sebab, nantinya kamu bisa meneliti seluruh bagian bumi, mulai dari bagian yang terdalam hingga bagian paling luar. Jika punya minat lebih dalam ilmu alam seperti fisika, biologi, kimia, geografi dan matematika, maka sangat cocok memilih jurusan ini. Sebab, banyak mata kuliah menarik yang memberi ilmu pengetahuan baru.

Bagaimana Kuliah di Teknik Geologi?

Jurusan Teknik Geologi membahas setiap aspek bumi mulai dari daratan, air, hingga bagian luar bumi. Dalam perkembangannya, ilmu ini berkembang dan berperan sebagai wahana pemanfaatan sumber daya alam dari berbagai bidang. Nah hal inilah yang bakal dipelajari oleh mahasiswa yang kuliah di jurusan ini.

Karena berkaitan dengan ilmu alam, mahasiswa dituntut untuk menyukai ilmu hitung-hitungan. Jurusan ini memang memadukan semua ilmu alam, termasuk matematika. Nantinya, selain belajar teori di kelas, mahasiswa mungkin akan belajar di lab, atau turun ke lapangan untuk memperoleh data. 

Di jurusan ini, biasanya ada pilihan kelompok keahlian yang akan diberi pada semester tertentu. Misalnya, geofisika terapan dan eksplorasi yang fokus kepada pemanfaatan sumber daya alam (gas, mineral, geometal. Dll). Lalu ada geofisika global, yang berkaitan dengan mitigasi bencana, energi dan lingkungan. Dan, seismologi yang berkaitan dengan gempa bumi. 

Beberapa jurusan kuliah yang ditemui antara lain geologi dasar, fisika, paleontologi, geofisika, statistika, geologi panas bumi, manajemen air tanah, vulkanologi, analisis batuan, geologi sejarah dan lain-lain. 

Prospek Kerja

Bagi yang ingin berkarir di industri mining, maka patut mempertimbangkan jurusan yang satu ini. Ilmu yang kamu pelajari di universitas sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan nasional dan internasional. Kamu bisa bekerja di perusahaan tambang minyak, gas, atau geoservice yang cocok untuk karir masa depan. Apalagi seperti kita tahu bahwa industri ini sanggup membayar karyawannya dengan gaji yang sangat tinggi. 

Selain itu, lulusan teknik inin bisa bekerja di bidang rekayasa geologi. Pekerjaan ini berkaitan dengan lingkungan, geologi teknik, sumber daya alam, dan lain sebagainya. Ingin bekerja di bidang mitigasi bencana pun sangat bisa. Apalagi, Indonesia sendiri dikelilingi oleh cincin api sehingga rawan mengalami bencana. Artinya, lulusan teknik geologi akan banyak dicari orang.