Jurusan Teknik Geofisika

Nama lain program studi

Geofisika

Teknik Geofisika

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Deskripsi

Ilmu kebumian punya cabang dan jenis yang beragam. Salah satu di antaranya adalah teknik geofisika. Ilmu ini fokus mempelajari masalah kebumian, seperti sumber daya alam, sumber energi, sumber daya lingkungan hingga permasalahan yang berkaitan dengan hal tersebut. Bahkan, persoalan bencana alam seperti longsor, gempa, gunung Meletus, semuanya dipelajari oleh ilmu ini.

Jurusan kuliah ini tersedia di beberapa kampus di Indonesia. Jurusan ini menjadi incaran oleh banyak calon mahasiswa. Selain masalah gengsi, prospek kerja yang ditawarkan sangat menjanjikan.

Teknik Geofisika, Bisa Kerja di Pertambangan dan BMKG loh

Kuliah di Jurusan Teknik Geofisika, Belajar Apa?

Melalui geofisika, mahasiswa bisa belajar memahami bumi dan kandungan di dalamnya. Pendekatannya menggunakan sudut pandang sains yang dipadukan dengan ilmu geografi. Jadi, mahasiswa akan belajar tentang geologi, matematika serta fisika yang digabungkan jadi satu. 

Karena berkaitan dengan alam, jurusan ini menuntut mahasiswanya untuk mempelajari ilmu fisika dasar, misalnya mekanika atau gelombang. Banyak mata kuliah yang membutuhkan hitung-hitungan, sehingga kamu yang memilih jurusan ini akan berteman akrab dengan angka maupun rumus-rumus. Oleh karena itu, jika kamu menyukai perhitungan dan kebumian, maka jurusan ini sangat cocok untuk dipilih. Sebaliknya, bagi yang muak dengan hitung-hitungan, sangat tidak direkomendasikan masuk ke jurusan teknik geofisika. 

Di jurusan ini, kamu akan belajar fenomena-fenomena yang sering terjadi di bumi. Misalnya, pergerakan lempeng bumi yang jarang disadari orang awam. Pergeseran lempengan bumi punya intensitas yang berbeda di setiap wilayah. Hal inilah yang menyebabkan beberapa daerah rawan mengalami gempa, sementara sebagian lainnya tidak. Nah, topik semacam inilah yang akan dipelajari di jurusan geofisika. 

Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari antara lain, geofisika umum, geomatematika, geostatistika, gaya berat dan magnet, simulasi numerik gempa bumi, dan berbagai cabang mata kuliah lainnya. Intinya, ilmu yang berkaitan dengan bumi dan bagiannya menjadi bahasan utama di jurusan teknik ini. Selain itu, mahasiswa pun dikenalkan dengan perangkat lunak komputer untuk proses pengolahan data. 

Prospek Kerja Jurusan Teknik Geofisika

Bencana alam sering terjadi di luar prediksi kita. Ada bencana yang dapat dicegah dan ada juga yang tidak bisa dikendalikan. Namun demikian, hampir semua bencana alam tersebut tetap bisa diminimalisir dengan perhitungan tertentu. Nah, inilah tugas dari lulusan teknik geofisika. Mereka harus menjawab persoalan tersebut dan mencegah dampak dari bencana alam. Sehingga, ketika terjadi gempa bumi, gunung meletus, dan sebagainya, maka  lulusan teknik geofisika lah yang paling dicari. Adapun prospek kerja lulusan ini antara lain:

  1. Mitigasi Bencana: BMKG, BNPB, PVMBG dll
  2. Bidang Pertambangan
  3. Perminyakan dan Gas Alam
  4. Bidang Penelitian: LIPI, Lemigas dll
  5. Pengajar/ Dosen

Itulah penjelasan tentang jurusan kuliah teknik geofisika. Selain terlihat menyenangkan, jurusan ini punya gengsi tersendiri dengan berbagai prospek kerja yang menjanjikan.