Jurusan Kedokteran Gigi

Nama lain program studi

Kedokteran Gigi

Pendidikan Dokter Gigi

Pelajaran SMA terkait

Biologi

Deskripsi

Kedokteran Gigi termasuk jurusan yang banyak diminati. Jurusan satu ini mempelajari berbagai macam hal demi menciptakan senyum yang indah. Senyum yang indah bermula dari gigi dan mulut yang sehat. Selain kesehatannya, gigi yang bersih dan rapi tentu saja memperindah senyuman kita. Peran dokter gigi sangatlah penting dalam hal di atas: mereka membantu pasien menjaga kesehatan mulut, mengobati penyakit gigi dan mulut, dan melakukan berbagai tindakan estetik seperti membersihkan dan merapikan gigi.

Agar dapat menjalankan peran tersebut dengan baik, selama kuliah Anda akan mempelajari tentang fungsi sistem yang berada di rongga mulut. Selain itu Anda akan diajari bagaimana melakukan pemeriksaan agar dapat menyimpulkan diagnosa. Baru setelahnya Anda bisa melakukan rencana perawatan lanjutan.

Selain mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan gigi dan mulut, Anda juga akan mempelajari kedokteran dasar, karena masalah gigi atau mulut dapat juga disebabkan oleh penyakit pada organ tubuh lainnya seperti masalah di lambung atau pencernaan yang mana bisa berefek ke mulut dan gigi.

Jurusan Kedokteran Gigi Masih Menjadi Favorit, Apa Saja yang Dipelajari?

Prospek Kerja

Prospek kerja jurusan Kedokteran Gigi ini tidak perlu diragukan lagi karena cukup luas. Anda bisa bekerja di instansi kesehatan seperti Puskesmas, Klinik Dental-Care, dan Rumah Sakit dengan gaji awal sekitar 6 juta rupiah. Jika Anda memiliki jiwa wirausaha yang tinggi Anda bisa membuka usaha dental. 

Tidak hanya dunia klinis saja yang bisa Anda tekuni namun Anda bisa mengembangkan potensi di bidang yang lain seperti akademis, manajemen rumah sakit, penelitian dan lain sebagainya. Pilihan karir yang bisa dipilih adalah penyiar, jurnalis, bagian pengendalian mutu produk dan kesehatan. Anda juga bisa bekerja sebagai sistem analis, pekerja sosial medis, dosen dan lain sebagainya.

Pengetahuan dan Keahlian

Ada banyak pengetahuan dan keahlian yang bisa didapatkan dengan mengambil jurusan Kedokteran Gigi ini. Yang pertama kemampuan dalam melakukan observasi, kemampuan melakukan analisis, kemampuan berpikir sistematis, kemampuan komunikasi, detail, teliti dan tekun. 

Mengapa Harus Memilih Jurusan Pendidikan Dokter Gigi?

Ada beberapa alasan mengapa Anda bisa menjadikan jurusan satu ini sebagai pilihan. Yang pertama tidak sulit mendapatkan pekerjaan. Setelah Anda menjalani sumpah dokter Anda bisa mendapat pekerjaan pertama. Anda bisa praktek di Rumah Sakit, Puskesmas dan membuka praktek pribadi.

Jika Anda memiliki minat yang tinggi dalam dunia akademis maupun penelitian Anda bisa menjadi dosen dan peneliti yang mana memiliki fokus pada kesehatan gigi dan mulut. Peluang kerja jurusan satu ini sangat luas. Anda juga bisa bekerja di dunia media maupun jurnalisme.  Anda bisa membuat konten tentang kesehatan gigi atau menjadi narasumber di berbagai talkshow yang ada di televisi.

Jurusan Kedokteran memang sangat prospektif. Anda juga bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu pascasarjana. Anda juga bisa mengambil program spesialis seperti bedah mulut, gigi anak, konservasi dan masih banyak lagi lainnya. Soal persaingan jangan ditanya lagi, untuk bisa masuk Jurusan Kedokteran Gigi di kampus favorit Anda harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya karena persaingan yang ketat.