Jurusan Teknik Biomedis

Nama lain program studi

Teknik Biomedis

Ilmu Biomedis

Teknik Biomedik

Pelajaran SMA terkait

Biologi

Fisika

Matematika

Deskripsi

Teknik Biomedis adalah salah satu jurusan yang masih terasa asing bagi kebanyakan orang, padahal jurusan ini berhubungan erat dengan dunia kesehatan atau medis. Anda pasti pernah melihat deretan alat canggih masa kini di rumah sakit seperti Rontgen, CT-Scan, MRI, Radiologi dan lain-lain. Semua peralatan tersebut merupakan hasil gabungan dari pengembangan teknologi dan penerapan ilmu biomedis.

Dua ilmu tersebutlah yang digabungkan dalam jurusan yang satu ini: (1) ilmu keteknikan atau engineering, dan juga (2) ilmu medis atau kedokteran. Tujuan pokok ilmu ini adalah pengembangan teknologi di bidang medis untuk memudahkan proses diagnosis, rehabilitasi, pengobatan maupun penyembuhan pasien. Selain merancang dan mengembangkan alat-alat kesehatan, lulusan Teknik Biomedis juga diharapkan mampu melakukan kalibrasi dan perawatan alat medis dengan baik dan benar.

Belum Populer, Jurusan Teknik Biomedis Memiliki Prospek Cerah

Tantangan di Masa Depan

Lulusan jurusan satu ini akan menghadapi berbagai macam tantangan di masa depan yang semakin kompleks. Tantangan yang pertama adalah jenis penyakit yang akan terus bertambah. Selain itu, dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk di dunia, maka kebutuhan akan perlengkapan dan peralatan kesehatan yang semakin efektif dan efisien akan semakin tinggi.

Oleh karena itu, lulusan Teknik Biomedis diharapkan mampu mengembangkan teknologi maupun perangkat baru yang berguna di dalam bidang kesehatan. Hal ini tentu saja membutuhkan kemampuan adaptasi yang tinggi untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi terutama dalam dunia medis atau kesehatan.

Yang Dipelajari

Dalam jurusan ini Anda akan belajar tentang ilmu biologi, ilmu kedokteran, ilmu kimia, ilmu komputer, elektro, kelistrikan dan masih banyak lagi lainnya. Anda akan berteman baik dengan alat medis dan hal yang berbau kesehatan, oleh sebab itu Anda harus memiliki dasar pengetahuan yang kuat dalam bidang sains atau kedokteran dan ilmu teknik.

Selain itu, Anda akan mempelajari tentang pemrograman komputer, rangkaian listrik komputasi biomedis biofotonik, biomaterial, biosensor dan biomekanika. Selain itu Anda akan belajar brain computer interface dan masih banyak lagi lainnya. Di universitas tertentu, jurusan ini tidak berdiri sendiri namun ia menjadi program peminatan dari Jurusan Teknik Elektro.

Dunia Perkuliahan

Teknik Biomedis ini menjadi bidang ilmu yang mana memiliki jangkauan yang luas meski jurusan satu ini termasuk baru. Jurusan ini sangat tepat bagi Anda yang ingin belajar tentang kedokteran dengan ilmu teknik dalam waktu yang bersamaan. Menjadi mahasiswa jurusan satu ini membuat Anda harus mempersiapkan diri dengan jadwal praktikum yang ketat. Anda juga harus menyelesaikan tugas lab yang begitu menyita waktu.

Saat kuliah Anda harus menghadapi berbagai macam alat penunjang praktikum yang beraneka ragam mulai dari sistem konvensional sampai dengan teknologi yang modern. Anda harus memanfaatkan praktikum sebagai momen untuk belajar dan melatih skill Anda. Pastikan diri Anda menguasai semua peralatan saat praktikum. Pengalaman dan kecakapan dalam merangkai, membuat dan menggunakan peralatan sangat dibutuhkan dalam jurusan ini. 

Prospek atau Peluang Kerja

Lulusan Teknik Biomedis ini memiliki peluang kerja sebagai maintenance operasional atau QC pada peralatan industri di dunia farmasi. Anda bisa menjadi pengusaha memproduksi alat medis dan menjadi supplier. Pilihan karir lainnya staf ahli rekam medis, teknisi alat kesehatan, teknisi rekam medis, dosen, teknisi radiologi dan lain-lain.

Meski tergolong baru dan belum terkenal, jurusan Teknik Biomedis ini memiliki prospek yang cerah sehingga bisa dijadikan sebagai pilihan.