Jurusan Kedokteran

Nama lain program studi

Kedokteran

Pendidikan Dokter

Pelajaran SMA terkait

Biologi

Deskripsi

Jurusan Kedokteran adalah salah satu jurusan favorit yang ada di Indonesia. Menjadi dokter adalah cita-cita banyak orang tua dan anak. Masuk kuliah jurusan ini menjadi kebanggaan tersendiri karena persaingannya yang ketat. Setelah berhasil masuk, perjuangan Anda belum selesai, tapi justru baru dimulai.

Di jurusan ini Anda akan belajar bagaimana memelihara kesehatan, serta pencegahan dan pengobatan penyakit. Anda akan dibekali dengan berbagai latihan dasar melalui berbagai stase di Rumah Sakit. Setelahnya Anda baru bisa membuka praktek sebagai dokter, bekerja di institusi kesehatan maupun mengambil program spesialisasi.

Kupas Tuntas Jurusan Kedokteran yang Masih Terfavorit Sampai Saat Ini!

Kenapa Memilih Jurusan Kedokteran?

Salah satu keuntungan menjadi lulusan jurusan ini adalah prospek kerja yang pasti. Lulusan Kedokteran tidak akan sulit mendapat pekerjaan karena bisa praktek di Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik Kesehatan, maupun membuka praktek pribadi.

Setelah menjadi dokter umum Anda bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Anda bisa mengambil program spesialis atau program magister biomedik. Jika Anda menaruh minat di dunia akademis atau penelitian, Anda bisa menjadi dosen atau peneliti yang mana fokusnya adalah mengkaji pengobatan penyakit.

Di Rumah Sakit, Anda bisa terlibat dalam proses pengelolaan pelayanan medis atau non medis. Jika Anda ingin bekerja struktural ada banyak instansi pemerintah yang memerlukan seorang dokter ini seperti BPOM, Basarnas dan juga BNN. Bahkan Anda bisa bekerja sebagai tenaga medis di TNI dan Polri.

Dunia Perkuliahan

Jurusan ini akan mengajari mahasiswanya cara mendiagnosa penyakit pasien, cara mengobati dan mencegah penyakit tersebut agar tidak muncul kembali. Pada semester awal Anda, akan mendapat materi dasar Anatomi yang mana membahas tentang bagian tubuh dan Fisiologi yang mana menjelaskan fungsi dan mekanisme dasar organ tubuh. Tidak lupa, Anda akan belajar tentang materi Biologi Sel dan Molekuler, Farmakologi, Biokimia dan masih banyak lagi lainnya.

Fase Pra-Klinik dan Klinik

Kuliah di Jurusan Kedokteran ini terbagi menjadi dua fase yaitu (1) pra-klinik dan (2) klinik. Dalam fase pra-klinik, Anda akan belajar bagaimana memberikan pengobatan, kemudian menjelaskan kondisinya kepada pasien dan keluarga. Saat ini kampus menggunakan sistem blok. Anda akan belajar bagaimana cara menangani suatu kasus. Ada 21 blok yang akan Anda pelajari. Setiap bloknya ini Anda akan melakukan pembelajaran selama 6 sampai 7 minggu, di dalamnya termasuk praktikum dan ujian. Anda akan belajar tentang cara melayani pasien dan melakukan pemeriksaan. Fase pra-klinik ini paling cepat bisa Anda selesaikan selama 3,5 tahun, setelah lulus Anda akan mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran.

Setelah itu memasuki fase klinik, Anda akan menyandang koas atau Dokter Muda. Anda akan belajar dari satu stase ke stase yang lain. Stase mayor dimana di dalamnya adalah penyakit dalam, obgyn, bedah dan anak. Pada stase minor ada mata, rehabilitasi medik dan THT. Selain itu ada forensik, saraf, dan IKM atau Ilmu Kesehatan Masyarakat di Puskesmas. Fase klinik bisa ditempuh selama 1,5 sampai 2 tahun, baru setelah itu Anda menyandang gelar dokter.

Demikianlah informasi tentang Jurusan Kedokteran yang menarik untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.