Jurusan Aktuaria

Nama lain program studi

Aktuaria

Ilmu Aktuaria

Sains Aktuaria

Pelajaran SMA terkait

Matematika

Deskripsi

Aktuaria menjadi jurusan yang belum banyak diketahui. Jurusan satu ini merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan risiko keuangan yang akan terjadi di masa mendatang. Di jurusan ini Anda akan mendapatkan mata kuliah yang beragam. Mata kuliah ini mengkombinasikan ilmu tentang probabilitas matematika, statistika, keuangan juga mempelajari tentang pemrograman.

Lulusan jurusan satu ini akan mendapatkan gelar S. Akt namun lulusan belum bisa disebut sebagai aktuaris. Untuk bisa menjadi seorang aktuaris ini Anda harus mengikuti dan lulus ujian profesi aktuaris. Yang menyelenggarakan adalah Persatuan Aktuaris Indonesia atau PAI.

Salah satu bukti jurusan satu ini belum dikenal banyak masyarakat adalah OJK mengungkapkan di Indonesia ini baru memenuhi sebesar 50% dari kuota yang diharapkan. Oleh sebab itu profesi aktuaris ini menjadi sorotan dan peluang kerjanya terbuka dengan lebar.

Jurusan Aktuaria: Pengetahuan, Dunia Kuliah, Peluang Kerja dan Alasan Memilih

Pengetahuan dan Keahlian

Dengan memilih Jurusan Aktuaria ini Anda akan mendapatkan kemampuan analisis, Anda juga akan mendapatkan kemampuan riset, kemampuan untuk manajemen resiko dan terakhir memiliki kemampuan berpikir strategis.

Dunia Kuliah

Pada awalnya jurusan satu ini hanya tersedia pada program D3. Seiring dengan berjalannya waktu kampus banyak yang menawarkan jurusan satu ini dengan program Strata 1 atau S1. Untuk menjadi sarjana, Anda harus menghabiskan waktu kurang lebih 8 semester. Anda juga harus menjalani skripsi sebagai tugas akhirnya.

Siapa yang bisa mengambil jurusan ini? Anda yang menyukai dengan hal-hal berhubungan dengan analisis, statistika, matematika dan berbagai macam aplikasinya bisa mengambil jurusan satu ini. Jika Anda menyukai ilmu hitung dan ilmu pasti ini bisa menjadikan Jurusan Aktuaria sebagai pilihan.

Jika berkeinginan menjadi aktuaris Anda harus bisa lulus ujian profesi yang mana dilakukan oleh PAI. Ada 10 mata ujian yang harus Anda tempuh, selain itu ada 3 mata ujian lanjutan agar bisa mendapatkan gelar aktuaris. Setiap universitas dengan Jurusan Aktuaria ini memiliki kurikulum yang berbeda. Pada dasarnya SKS yang harus diselesaikan pada program S1 ini sebanyak 144 SKS.

Peluang Kerja

Lulusan jurusan satu ini memiliki prospek kerja dan peluang kerja yang luas. Sebagai lulusan Anda bisa melanjutkan program sertifikasi agar bisa menjadi aktuaris. Ada berbagai macam pilihan karir yang bisa dipilih oleh lulusan seperti Ekonom, Aktuaris dan Akuntan.

Mengapa Jurusan Aktuaria?

Ada beberapa alasan mengapa Anda bisa memilih jurusan satu ini. Lulusan jurusan ini banyak tersebar di berbagai perusahaan besar dan bergengsi di Indonesia. Gaji yang ditawarkan kepada lulusan satu ini cukup tinggi. Alasan terakhir mengapa Anda bisa memilih jurusan ini adalah meningkatkan kemampuan aplikatif yang memiliki nalar dan berhitung. Hal itu karena masalah yang dikaji akan sangat kompleks.

Lulusan dari Jurusan Aktuaria banyak dibutuhkan, sayangnya jurusan satu ini termasuk langka di Indonesia karena tidak semua kampus memilikinya, tenaga ahli atau lulusan jurusan ini juga sangat dibutuhkan, bisa dikatakan bahwa jurusan satu ini memiliki prospek yang cerah sehingga bisa Anda jadikan sebagai pilihan.