Jurusan Pariwisata

Nama lain program studi

Industri Perjalanan Wisata

Manajemen Pemasaran Pariwisata

Usaha Perjalanan Wisata

Pariwisata

Pelajaran SMA terkait

Ekonomi

Deskripsi

Pariwisata menjadi jurusan yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Potensi wisata yang tidak ada habisnya membuat jurusan satu ini begitu prospektif. Wisata Indonesia memiliki perkembangan yang cukup pesat sehingga menjadikan bidang ini menjanjikan di masa depan. Pariwisata ini tidak hanya sekedar jalan-jalan saja namun membahas sisi wisata lebih luas seperti manajemen dan strategi.

Ilmu pariwisata ini memiliki hubungan erat dengan sejarah, geografi, budaya, ekonomi dan sebagainya. Anda akan belajar tentang sumber daya wisata, manajemen perhotelan, pembangunan kawasan dimana bekal tersebut sangat berguna saat Anda bekerja di industri pariwisata.

Potensi Wisata Tiada Habisnya Membuat Jurusan Pariwisata Sangat Prospektif

Prospek Kerja

Jangan salah jurusan satu ini akan memiliki prospek yang sangat luas. Ada banyak peluang dan bidang pekerjaan yang menanti lulusan jurusan satu ini. Anda bisa bekerja di bidang perhotelan, tour and travel, manajemen event dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan Anda akan memiliki peluang menjadi pengusaha yang mana membuka lapangan kerja baru dan mengurangi pengangguran. 

Saat kuliah Anda juga bisa sambil bekerja, Anda bisa menjadi tour guide atau pemandu perjalanan wisata. Selain menambah pengalaman Anda juga bisa menambah uang jajan. Tidak hanya di sektor swasta saja namun Anda juga bisa bekerja di instansi pemerintah. 

Bidang pekerjaan yang siap menanti lulusan satu ini adalah sales agensi wisata, kondektur transportasi, staf maskapai penerbangan, WO atau wedding planner. Anda juga bisa menjadi marketing hotel, RnD, event planner maupun event organizer.

Dunia Kuliah

Jika Anda mengambil jurusan satu ini Anda bisa belajar bagaimana cara mengambil keputusan yang mana ada kaitannya dengan kebijakan dalam industri pariwisata. Anda juga bisa belajar tentang wisata dilihat dari segi ekonomi melalui pemasaran maupun ekonomi pariwisata. 

Kuliah di jurusan satu ini mengharuskan Anda belajar selama 4 tahun atau kurang lebih selama 8 semester. Selama kuliah Anda akan belajar tentang manajemen biro maupun perjalanan wisata. Anda juga belajar tentang manajemen usaha akomodasi, housekeeping, pengolahan makanan dan pemanduan wisata. Saat lulus  Anda akan menyandang gelar Sarjana Pariwisata atau S.Par.

Mata kuliah yang bisa Anda temukan disini adalah Hukum dan Kode Etik Pariwisata, Interpretasi dan Pemanduan, Pengelolaan Sumber Daya Manusia Pariwisata, Ekowisata, Perencanaan Pariwisata, Kajian Hospitalis, Psikologi Pariwisata, Geografi Pariwisata, Pengantar Multikulturalisme, Pariwisata Berbasis Masyarakat dan sebagainya.

Pengetahuan dan Keahlian

Ada banyak kemampuan dan keahlian yang bisa Anda dapatkan di jurusan satu ini. Anda akan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan untuk melakukan negosiasi, Anda akan memiliki kemampuan observasi, wawasan Anda semakin luas dan terakhir Anda bisa bersikap kreatif dan inovatif.

Bisa dikatakan  bahwa lulusan Jurusan Pariwisata ini memiliki prospek yang sangat cerah, peluang kerja terus terbuka lebar seiring berkembangnya industri wisata, setelah lulus Anda tidak perlu khawatir tentang pekerjaan karena prospek dan peluangnya begitu luas dan cerah, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.