Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Nama lain program studi

Ilmu Kesejahteraan Sosial

Kesejahteraan Sosial

Pelajaran SMA terkait

Sosiologi

Deskripsi

Ilmu Kesejahteraan Sosial membahas isu kesejahteraan masyarakat dan upaya-upaya untuk mencapainya. Salah satu pembahasannya adalah pekerjaan sosial. Anda juga akan belajar tentang prinsip dan etika. Anda akan belajar tentang kebijakan dan pelayanan sosial pada tingkat lokal, internasional dan nasional. Jurusan satu ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jiwa sosial tinggi. Jika Anda suka berinteraksi dengan masyarakat langsung, jurusan satu ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan.

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Mengapa Harus Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial?

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memilih jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial ini. Alasan pertama adalah Anda bisa bekerja di organisasi nirlaba atau lembaga swadaya masyarakat. Fokusnya pada bidang pengembangan masyarakat atau pembangunan sosial.

Anda juga bisa bekerja di Instansi Pemerintah Pusat atau daerah. Kedua Pemerintahan tersebut membutuhkan lulusan jurusan satu ini terutama untuk mengurusi urusan sosial. Anda juga bisa melakukan eksplorasi kemampuan Anda pada bidang lain melalui jalur management trainee atau officer development program. 

Yang menguntungkan Anda bisa bekerja di lembaga dengan skala internasional seperti UNICEF dan Save The Children. Lembaga internasional tersebut memerlukan orang dengan kemampuan advokasi sosial yang baik. Anda juga bisa bekerja di perusahaan swasta yang mana memiliki kegiatan sosial. Perusahaan tersebut memerlukan lulusan Ilmu Kesejahteraan Sosial yang mana akan ditempatkan di divisi Corporate Social Responsibility. 

Prospek Kerja

Prospek kerja Jurusan Kesejahteraan Sosial ini sangat bagus. Anda bisa bekerja di instansi pemerintahan, perusahaan swasta dan lembaga internasional. Anda juga bisa bekerja di organisasi nirlaba yang mana bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat. 

Lulusan Kesejahteraan Sosial memiliki advokasi yang baik. Lulusan satu ini dianggap memiliki kepekaan dan rasa empati yang tinggi. Anda bisa bekerja yang ada hubungan dan kaitannya dengan masyarakat. Selain itu Anda bekerja sebagai konsultan dalam pengembangan masyarakat.

Anda bisa menjadi konsultan dalam berbagai program yang mengembangkan masyarakat. Bidang pekerjaan yang ditawarkan ini akan memiliki jenjang karir bervariasi. Besarnya gaji juga sangat bervariasi tergantung dengan kemampuan dan tempat bekerja. Selain itu juga disesuaikan dengan jabatan dan pengalaman yang dimiliki. Anda bisa bekerja sebagai PNS, dosen, pekerja sosial, chocolatier, pekerja sosial medis, sistem analis dan masih banyak lagi lainnya.

Dunia Perkuliahan

Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial juga sering disebut Jurusan Sosiatri. Anda memerlukan waktu 4 tahun atau kurang lebih 8 semester saat kuliah di jurusan ini. Anda akan dibekali dengan berbagai teori berhubungan dengan kebijakan sosial, implementasi dan evaluasi. Anda juga akan melakukan monitoring kebijakan sosial dan pengembangan masyarakat melalui berbagai macam program.

Mata kuliah yang bisa Anda pelajari adalah Dasar-Dasar Pembangunan Sosial, Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial, Tingkah Laku Manusia dan Lingkungan Sosial, Dampak Sosial Pembangunan dan Globalisasi, Kebijakan Perencanaan Sosial, Intervensi Komunitas dan lain sebagainya 

Selama kuliah Anda juga akan melakukan banyak praktek dimana salah satunya adalah merencanakan program pemberdayaan masyarakat. Setelah lulus Anda bisa melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana dan lebih mendalami bidang ini. Anda akan menyandang gelar Sarjana Sosial setelah menyelesaikan perkuliahan Anda di jurusan ini.

Demikianlah beberapa informasi tentang Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial yang menarik diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.