Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan

Nama lain program studi

Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan

Teknologi Hasil Perikanan

Teknologi Hasil Perairan

Pelajaran SMA terkait

Biologi

Deskripsi

Teknologi pengolahan hasil perikanan mempelajari industri pengolahan ikan menjadi produk yang memiliki nilai tambah, termasuk proses sanitasi, pengolahan limbah sampai ke pemasarannya. Pengembangan dan pembangunan industri perikanan juga menjadi bahasan di program studi ini. Jurusan ini bisa ditemukan di beberapa kampus negeri dan swasta, seperti UGM, UNBRAW, IPB, UNPAD, UNMUL dan lain-lain.

Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Solusi Bagi yang Ingin Berkarier di BUMN

Sekilas Tentang Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan

Prodi teknologi pengolahan hasil perikanan bertujuan mencetak lulusan yang ahli di bidang perikanan dengan inovasi di bidang teknologi. Mereka diharapkan bisa merencanakan industri perikanan secara lebih baik agar menghasilkan produk yang bernilai tinggi. Selain itu, pemahaman akan wawasan lingkungan juga diberikan supaya nantinya kamu bisa bekerja bersama alam tanpa harus mencemarinya.   

Alasan Masuk Jurusan Ini

Sebagai negara maritim, Indonesia punya potensi sumber daya alam melimpah di bidang perairan. Jika pengelolaannya benar, sumber daya tersebut akan memberi kesejahteraan bagi banyak pihak. Nah, inilah tugas dari lulusan program studi ini. Mereka harus menggali potensi  sudah ada, dan memanfaatkannya untuk memberi nilai produk yang lebih tinggi.

Tantangan yang dihadapi saat ini adalah kurangnya pemaksimalan sumber daya alam karena masih sedikit SDM yang ahli di bidang tersebut. Contohnya, meskipun dihuni banyak ikan dan spesies laut lainnya, kesejahteraan nelayan Indonesia masih jauh dibawah rata-rata. Tentu ada sebab-sebab yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Nah, persoalan seperti inilah yang harus dihadapi lulusan  teknologi pengolahan hasil perikanan.

Jadi, kamu yang tertarik di bidang perikanan dan perairan wajib memasukkan jurusan ini ke dalam bucket list. Mengenai prospek karier, program studi ini menawarkan yang terbaik untuk kamu. Dengan jurusan ini, kamu pun bisa masuk ke perusahaan BUMN atau Lembaga pemerintahan bergengsi lainnya, yang bisa dibanggakan kepada orang tua dan teman-teman.

Dunia Perkuliahan

Sebagian besar waktu perkuliahan dihabiskan untuk mempelajari proses pengolahan ikan secara efisien. Ikan tentunya tidak hanya dipanen dan dijual dalam bentuk mentah saja. Ada proses-proses yang bisa membuat ikan berubah jadi produk bernilai tinggi. Nah untuk melakukannya, kamu akan dikenalkan dengan teknologi budidaya ikan yang bisa  mengoptimalkan hasil panen serta memberi solusi atas permasalahan yang sering terjadi. Selain belajar di kelas, kamu akan sering turun ke industri perikanan untuk praktek dan penelitian. 

Karir dan Prospek Kerja

Karir dan prospek kerja jurusan ini sangat luas dan tidak terbatas. Mereka bisa berkarir di industri perikanan nasional, atau di lembaga-lembaga pemerintahan. Contohnya, kamu bisa bekerja di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset dan Teknologi, Pemerintahan Daerah dan lain-lain. Selain itu, perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pertanian dan perikanan juga siap menampung lulusan ini. Jadi, kamu yang memilih jurusan teknologi pengolahan hasil perikanan  tidak perlu khawatir dengan prospek kerja kedepannya.