Jurusan Ilmu dan Industri Peternakan

Nama lain program studi

Ilmu dan Industri Peternakan

Ilmu Ternak

Peternakan

Pelajaran SMA terkait

Biologi

Deskripsi

Jurusan Ilmu dan Industri Peternakan sangat prospektif. Sayangnya saat ini jurusan ini tidak banyak diminati. Banyak mahasiswa yang lebih menyukai mengambil jurusan lainnya yang dianggap lebih potensial di masa depan. Jurusan satu ini memiliki masa depan yang cerah karena Anda akan mempelajari tentang Teknologi Produksi, Teknologi Pakan, Pengolahan, Manajemen sampai Perencanaan Usaha.

Anda juga akan mempelajari hewan ternak yang mana bisa diolah dalam skala industri. Anda bisa tahu bagaimana cara produksi ternak yang baik, membuat hewan berkembang biak dan cara mengelolanya. Anda akan mempelajari penyakit pada hewan ternak, mengatur nutrisi yang cukup pada hewan ternak, mengelola hasil produksi supaya efisien dari hulu sampai hilir.

Jurusan Ilmu dan Industri Peternakan Memiliki Prospek Cerah di Masa Depan

Pengetahuan dan Keahlian

Ada banyak pengetahuan dan keahlian yang bisa Anda dapatkan dengan mengambil jurusan Ilmu dan Industri Peternakan. Kemampuan yang pertama adalah meneliti, kemampuan manajerial, pemahaman kimia, pemahaman biologi, kemampuan teknik pemasaran, dan kemampuan meneliti. Anda juga akan dibekali dengan cara mengembangkan penelitian dengan menggunakan bioteknologi.

Dunia Perkuliahan

Untuk bisa mengikuti perkuliahan dengan baik Anda harus memiliki minat terhadap hewan ternak terlebih dahulu. Hal itu karena selama kuliah Anda akan membahas tentang seluk beluk hewan ternak mulai ternak sapi, kambing, domba, ternak kuda, ternak kelinci dan kambing. Anda juga akan mempelajari tentang unggas sampai ternak perah. 

Anda akan fokus pada nutrisi, produksi, teknologi hasil ternak, sosial ekonomi peternakan. Nutrisi ini berhubungan dengan gizi ternak. Anda akan belajar tentang pakan dan teknologi pengolahan. Di bangku kuliah Anda akan belajar tentang sistem pencernaan ternak, biokimia yang ada pada tubuh ternak. Anda juga akan belajar tentang tanaman pakan, manajemen industri pakan, ransum pakan, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk pemuliaan dan reproduksi ini Anda akan belajar tentang bagaimana cara menghasilkan bibit ternak yang baik dan unggul. Anda akan belajar tentang genetika, organ reproduksi, perkawinan silang dan sebagainya.  

Anda akan belajar bagaimana kegiatan operasional peternakan bisa berjalan efektif dan efisien. Misalnya saja membuat pangan yang bagus, dimulai dengan cara desain tempat makan agar saat makan ternak tidak membuang-buang pakannya. Anda juga akan belajar desain kandang supaya ternak merasa nyaman. Dibutuhkan ilmu yang bagus dan tepat agar ternak bisa lebih efisien ketika produksi.

Teknologi hasil ternak Anda bisa mengolah produk hasil peternakan Anda bisa diberikan ilmu dan keterampilan bagaimana membuat sosis, es krim, yoghurt, gelatin, pupuk kandang, biogas dan masih banyak lagi lainnya.  Anda akan mempelajari packaging dan ilmu gizi manusia.  Untuk ekonominya akan membahas tentang agribisnis, pemasaran, psikologi industri dan masih banyak lagi lainnya. Mata kuliah sosial ekonomi ini mampu membantu Anda mempelajari industri peternakan dari segi ekonominya.

Meski saat ini jumlah peminat Jurusan Ilmu dan Industri Peternakan berkurang, prospek kerja dari jurusan satu ini sangat cerah dan luas karena banyak dibutuhkan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.