Jurusan Bisnis

Nama lain program studi

Bisnis

Entrepreneurship

Kewirausahaan

Pelajaran SMA terkait

Ekonomi

Matematika

Deskripsi

Bisnis menjadi jurusan yang banyak diminati. Beberapa tahun belakangan ini, jurusan satu ini menjadi jurusan favorit di berbagai kampus yang ada di Indonesia. Saat ini banyak orang yang berminat menggeluti bisnis, terutama anak muda yang lebih suka menjadi pengusaha dibandingkan dengan karyawan. Tentunya untuk bisa menjadi pengusaha yang sukses harus memiliki ilmu dasar bisnis. Tidak jarang mahasiswa yang ada di jurusan satu ini sudah memiliki usaha. Tujuan mereka mengambil jurusan ini untuk mematangkan ilmu mereka sehingga usahanya bisa berkembang seperti yang diharapkan.

Bisnis, Jurusan yang Paling Banyak Diminati di Berbagai Kampus!

Mengapa Jurusan Bisnis?

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengambil Jurusan Bisnis satu ini.  Alasan pertama mengapa Anda bisa memilih jurusan ini adalah setelah lulus Anda bisa langsung atau memulai karir Anda sebagai pengusaha. Jika Anda sudah menjadi pebisnis, Anda bisa mengaplikasikan ilmu yang anda dapatkan di usaha Anda atau di bidang apapun. 

Untuk mematangkan ilmu bisnis, Anda bisa mempelajarinya secara mendalam dari buku, jurnal, majalah, situs internet sampai dengan video di YouTube. Anda memiliki kesempatan yang luas untuk bisa melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana di kampus terkenal dengan program beasiswa. Dengan ilmu yang Anda dapatkan di bangku kuliah Anda bisa mendirikan usaha yang mana bisa mempekerjakan banyak orang sehingga mengurangi jumlah pengangguran.

Dunia Perkuliahan

Jika Anda menyukai dunia usaha, dunia perkuliahan di jurusan satu ini akan sangat mengasyikkan dan menantang.  Untuk bisa meraih gelar sarjana ini Anda harus menempuh dunia perkuliahan selama 4 tahun atau kurang lebih 8 semester. Di kampus jurusan satu ini memiliki berbagai macam ragam mulai dari Manajemen Bisnis, Manajemen Bisnis Internasional, Manajemen Bisnis Syariah dan lain sebagainya.

Di jurusan satu ini Anda akan fokus untuk mengelola sumber daya berkelanjutan supaya usaha lebih berkembang. Anda akan dibekali cara bagaimana mengelola perusahaan mulai dari finansial, pemasaran, organisasi usaha sampai dengan operasional. Untuk jurusan Syariah ini Anda akan mempelajari bagaimana mengelola usaha dengan menggunakan prinsip syariah. 

Prospek Kerja

Dibandingkan dengan bekerja, lulusan dari jurusan satu ini diharapkan bisa mendirikan usaha sendiri yang mana bisa mengurangi jumlah pengangguran. Anda tidak hanya bisa berwirausaha saja namun ada peluang kerja lainnya yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa bekerja di perusahaan milik orang lain. Dengan ilmu yang Anda miliki ini mudah bagi Anda untuk mengambil bagian dalam mengembangkan usaha di perusahaan tersebut.

Dengan bekal ilmu yang Anda dapatkan di bangku kuliah, mudah bagi Anda untuk mengembangkan kemampuan Anda dalam berbagai sektor. Anda bisa bekerja di retail, fast moving consumer good (FMCG) dan fashion. Anda juga bisa bekerja di bidang pariwisata maupun properti. Jika bekerja pada perusahaan lain, gaji lulusan Jurusan Bisnis ini ada pada kisaran 4 juta rupiah.

Sebagai lulusan jurusan business, Anda akan memiliki prospek masa depan yang cerah, selain membangun usaha sendiri lulusan juga bisa bekerja di berbagai sektor yang lebih beragam. Bisnis ini termasuk jurusan yang favorit sehingga Anda harus menyiapkan diri sebaik-baiknya agar bisa diterima  di universitas yang Anda impikan.