Jurusan Desain Produk

Nama lain program studi

Desain Produk

Pelajaran SMA terkait

Seni Rupa

Deskripsi

Jurusan Desain Produk akan mendalami ilmu pembuatan casing atau luar benda. Tujuannya agar produk tersebut terlihat semakin menarik. Jurusan satu ini dikenal juga dengan industrial design. Dengan mengambil jurusan ini Anda akan mempelajari tentang bagaimana cara mendesain barang, kemudian menggabungkannya dengan kenyamanan maupun keamanannya. Dalam proses mendesain barang aspek estetika juga menjadi bagian yang tidak terlewatkan.

Saat pendesainan ini harus memperhatikan target konsumennya. Hal itu karena setiap target konsumen memiliki desain yang berbeda. Jurusan satu ini juga akan menggabungkan 2 hal yaitu seni dan kreativitas. Disini Anda tidak hanya diajarkan menggambar saja namun juga akan diajak berpikir tentang bagaimana membuat desain produk semakin menarik.

Mengenal Jurusan Desain Produk Banyak Dibutuhkan Perusahaan Bisnis

Pengetahuan dan Keahlian

Anda yang masuk Jurusan Desain Produk ini akan mendapatkan berbagai macam keterampilan berupa kemampuan untuk merancang dan merencanakan produk agar bisa menjawab setiap permintaan konsumen. Anda akan dituntut untuk berpikir kreatif dan inovatif supaya bisa menciptakan produk yang bisa menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat.

Anda akan memiliki kemampuan komunikasi verbal, visual dan tekstual. Anda akan mendapatkan keterampilan menggambar teknis, kemampuan melakukan inovasi, berpikir kreatif dan memahami gambar 2D dan 3D. Selain itu Anda juga akan memiliki kemampuan analisis dan berorientasi pada detail. Anda akan memiliki karakter yang teliti, kreatif, tekun, senang memecahkan masalah dan bisa menjalin kerja sama dengan tim. 

Prospek Kerja

Prospek dari jurusan satu ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Hal itu karena orang yang memiliki keahlian dalam merancang maupun mendesain produk ini akan banyak dibutuhkan dan dicari terutama perusahaan bisnis. 

Persaingan bisnis yang ketat membuat perusahaan membutuhkan tenaga ahli yang mana bisa mendesain yang inovatif dan original. Jangan khawatir kesulitan dalam mencari pekerjaan karena pilihan karir yang ditawarkan ini terbuka dengan sangat luas.

Anda sebagai lulusan Jurusan Desain Produk ini bisa menjadi konsultan desain. Anda bisa bekerja secara mandiri dan independen, Anda bisa menjual jasa maupun membuka jasa konsultasi kepada konsumen yang membutuhkan. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa berkarir sebagai manajer produk. 

Tanggung jawab manajer produk adalah merencanakan dan mengembangkan, strategi, roadmap dan fitur atau lini para produk baik itu fisik maupun digital.  Anda bisa bekerja sebagai desainer produk untuk industri maupun komersial. Anda dituntut untuk mengembangkan dan mendesain produk manufaktur.

Dunia Kuliah

Pada tahun pertama ini Anda harus fokus pada pengenalan dan mempelajari dasar desain. Pada tahun kedua sampai tahun keempat ini Anda akan mempelajari berbagai macam proses desain sampai membuat produk. Pada semester 3 ini Anda akan mulai masuk peminatan seperti Vehicle, Fashion dan Craft.

Anda tidak hanya akan menggambar produk dengan baik saja namun Anda akan belajar tentang bagaimana menyelesaikan masalah dengan produk nyata. Mata kuliah yang Anda dapatkan di Jurusan Desain Produksi adalah Seni Rupa dan Desain, Ergonomi Desain, Semantika Produk dan masih banyak lagi lainnya.

Demikianlah beberapa informasi tentang Jurusan Desain Produk yang sangat menarik untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.