Jurusan Pendidikan Olahraga

Nama lain program studi

Pendidikan Olahraga

Ilmu Keolahragaan

Pelajaran SMA terkait

Olahraga

Deskripsi

Pendidikan Olahraga menjadi salah satu jurusan yang diminati. Pelajaran di jurusan satu ini mengasyikkan karena membuat badan dan pikiran lebih fresh. Anda juga bisa membuat badan selalu bugar. Jika Anda menyukai bidang ini maka tidak ada salahnya jika mendalaminya dengan serius. Jurusan ini adalah bidang ilmu dimana fokusnya adalah mempelajari olahraga dari berbagai sudut dari seorang pengajar.

Dalam jurusan ini Anda akan memahami berbagai macam aturan dalam olahraga, peningkatan fungsi fisik, olahraga dan nutrisi, metode pelatihan untuk kompetisi, taktik dan strategi, metode pengajaran dan masih banyak lagi lainnya. Anda akan mempelajari berbagai macam cabang olahraga mulai dari sepak bola, basket, atletik, renang dan woodball.

Serba Serbi Jurusan Pendidikan Olahraga Beserta Prospek Kerjanya

Prospek Kerja

Jurusan satu ini memang identik dengan guru namun Anda bisa mengembangkan kemampuan dengan mencoba profesi yang lainnya. Ada banyak sekali peluang karir yang menanti lulusan Pendidikan Olahraga dengan gaji yang kompetitif. Dengan bekal keilmuan yang Anda pelajari di bangku kuliah Anda bisa bekerja di pengembangan klub olahraga.

Jika Anda bercita-cita menjadi pebisnis Anda juga bisa melakukannya. Usaha yang bisa Anda tekuni adalah membuka usaha fitness center atau reflexology. Anda juga bisa bekerja di media bahkan menjadi jurnalis olahraga. Jika Anda bingung dengan pekerjaan setelah lulus kuliah ada beberapa pilihan karir yang bisa digeluti seperti penyiar, jurnalis, dosen, guru SD, terapi fisik, pelatih olahraga, guru pendidikan jasmani atau guru olahraga.

Dunia Perkuliahan

Pada umumnya Pendidikan Olahraga ini dibagi menjadi dua dimana yang pertama adalah PJKR dan kedua adalah PKO. PJKR ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga pendidikan di bidang olahraga khususnya sekolah. PKO ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga pelatih baik yang ada di sekolah atau di luar sekolah. PKO ini juga bisa menjadi pengelola kegiatan olahraga dan konsultan.

Ada juga kampus yang menawarkan jurusan PGSD Pendidikan Jasmani. Kuliah di jurusan ini akan membuat Anda mempelajari berbagai macam cabang olahraga seperti kognitif, afektif, psikomotorik. Ada juga pembelajaran yang berhubungan dengan anatomi, fisiologi dan lainnya. Setelah lulus Anda akan mendapatkan gelar berupa Sarjana Pendidikan.

Mata Kuliah yang Dipelajari

Ada beberapa mata kuliah yang akan Anda pelajari selama mata kuliah seperti Tes dan Pengukuran, Pembinaan Prestasi dan Pendidikan Kesehatan Sekolah. Anda juga akan mendapatkan mata kuliah Organisasi Sistem Pertandingan, Pendidikan Rekreasi, Sarana dan Prasarana Olahraga. Selain itu ada juga materi Teori dan Praktik Pencak Silat, Pedagogi Olahraga dan masih banyak lagi lainnya.

Pengetahuan dan Keahlian

Saat Anda belajar di jurusan satu ini ada beberapa pengetahuan dan keahlian yang bisa Anda dapatkan. Anda akan mendapatkan kemampuan komunikasi, mendapatkan kemampuan persuasi dan inovatif. Tidak hanya itu saja Anda juga akan mendapatkan keterampilan interpersonal dan kemampuan bekerja secara tim.

Anda yang mengambil jurusan Pendidikan Olahraga ini akan memiliki prospek kerja yang luas dan beragam, Anda bisa menjadi guru, pebisnis dan sebagainya selain itu Anda bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di kampus bergengsi di Indonesia sehingga jurusan ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan.