Jurusan Ilmu Sejarah

Nama lain program studi

Ilmu Sejarah

Sejarah

Pelajaran SMA terkait

Sejarah

Deskripsi

Mempelajari Ilmu Sejarah memang sangat seru. Ingatan dan memori Anda akan diajak mengenang masa lalu. Jangan pernah meninggalkan sejarah karena bangsa yang besar adalah yang tidak melupakan sejarah bangsanya sendiri. Jangan sekali-kali melupakan sejarah, kutipan dari Bung Karno tersebut sangat fenomenal sampai saat ini.

Sejarah merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia. Anda bisa mempelajari dan mendalaminya di Jurusan Ilmu Sejarah ini. Beberapa bidang studi yang akan anda dalami adalah: sosial, budaya, bahasa, ekonomi, militer, politik, dan lain lain.

Jurusan Ilmu Sejarah Sangat Seru dan Prospektif, Sayangnya Sepi Peminat

Peluang dan Prospek Kerja

Lulusan dari jurusan satu ini memiliki nilai plus dalam berbagai hal. Tidak mengherankan jika banyak lulusan yang tertarik untuk menekuni bidang jurnalistik. Bagi Anda yang menyukai travelling Anda bisa bekerja di sektor pariwisata. 

Selain dua bidang tersebut masih ada banyak peluang karir yang akan menunggu Anda. Jenjang yang ditawarkan ini pun bervariasi.  Pada umumnya gaji lulusan Jurusan Sejarah ini mulai dari 3,5 juta rupiah. Gaji yang akan Anda dapatkan ini sangat tergantung dengan kemampuan maupun pengalaman yang Anda miliki.  

Beberapa pilihan karir yang bisa dijadikan pilihan adalah penerjemah tulisan atau translator, Anda juga bisa menjadi pemandu wisata atau tour guide, Anda bisa menjadi pustakawan. Selain bidang tersebut Anda bisa menjadi Kurator, Guru SMP atau SMA, jurnalis atau reporter, sejarawan dan terakhir menjadi konten kreator.

Dunia Perkuliahan

Kuliah di Jurusan Ilmu Sejarah ini sangat menarik dan mengasyikkan. Hal itu karena Anda akan mempelajari berbagai macam zaman mulai dari zaman kuno sampai zaman modern diatas abad 20. Yang dipelajari dari jurusan satu ini cukup luas, Anda bisa belajar tentang aspek sosial, ekonomi, politik, agama sampai budaya. 

Anda akan belajar bagaimana memahami peristiwa sejarah di masa lalu. Anda juga belajar tentang temuan sumber sejarah baru yang di klarifikasi. Saat berada di bangku kuliah Anda akan dilatih untuk melakukan analisis historiografi dan fakta sejarah yang ada. Mata kuliah yang akan Anda pelajari adalah Sejarah indonesia, Kebudayaan Indonesia, Sejarah Dunia, Geografi Sejarah, Sejarah Kesultanan yang ada di Nusantara, Sejarah Masyarakat Indonesia, Bahasa Sumber Sejarah. 

Saat menulis skripsi Anda bisa memilih fokus yang Anda minati. Misalnya Anda ingin fokus ke Asia Tenggara, Australia, Amerika Serikat. Jika Anda ingin melanjutkan pendidikan ke pascasarjana  ada banyak kampus bergengsi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. 

Mengapa Memilih Ilmu Sejarah?

Ada beberapa alasan mengapa Anda bisa memilih jurusan satu ini. Alasan pertama Anda bisa meningkatkan kesadaran sejarah di kalangan masyarakat.  Anda akan memiliki kontribusi untuk menciptakan karya pada bidang Sejarah dan menyebarluaskan. Yang unik adalah Anda akan bisa mahir berbahasa Belanda. Hal itu karena literatur yang Anda baca selama kuliah ini sering menggunakan Bahasa Belanda. 

Tidak semua masyarakat Indonesia paham sejarah, sehingga tantangan dalam bidang sejarah ini sangat besar. Dengan masuk ke Jurusan Ilmu Sejarah Anda bisa kembali mengingatkan sejarah bangsa Indonesia kepada masyarakat luas, sehingga rasa nasionalisme semakin kuat, selain itu ada banyak prospek kerja yang siap menanti Anda.