Jurusan Sastra Arab

Nama lain program studi

Bahasa dan Kebudayaan Arab

Bahasa dan Sastra Arab

Sastra Arab

Pelajaran SMA terkait

Bahasa Arab

Deskripsi

Bagi yang berasal dari Madrasah tentu sudah akrab dengan Sastra Arab. Di Madrasah Anda sudah akrab dengan pelajaran Bahasa Arab. Anda bisa mendalaminya lebih lanjut dengan mengambil jurusan satu ini. Anda yang berasal dari SMA atau SMK yang ingin mengambil jurusan ini juga bisa karena jurusan ini terbuka bagi semua orang yang ingin mendalami sastra dengan bahasa Arab.

Yang dimaksud dengan Sastra Arab adalah bidang ilmu membekali mahasiswanya dengan berbagai macam keterampilan. Mahasiswa bisa menulis, berbicara maupun mendengarkan bahasa Arab. Bahkan Anda bisa mendalami kebudayaan Arab yang semakin mendalam. Anda bisa belajar tentang tata bahasa Nahwu dan Sharaf, kajian terhadap karya sastra, diplomasi, jurnalistik dan kajian pada karya sastra.

Info Kuliah Jurusan Sastra Arab Lengkap dengan Prospek Kerjanya

Pengetahuan dan Keahlian

Ada beberapa keahlian yang bisa Anda dapatkan dengan mengambil jurusan satu ini. Anda bisa memiliki kemampuan melakukan analisis, berpikir kritis dan rasional. Anda juga akan memiliki komunikasi secara lisan dan tertulis. Yang terakhir memiliki keterampilan interpersonal.

Prospek Kerja

Setelah lulus penguasaan bahasa Arab ini akan menjadi nilai jual yang bisa Anda jadikan sebagai kebanggaan. Ada banyak prospek yang menanti Anda seperti menjadi penerjemah. Anda juga bisa bekerja di lembaga internasional di bawah naungan PBB. Hal itu karena bahasa Arab ini menjadi bahasa resmi yang ada di PBB.  Anda yang menyukai diplomasi, Anda bisa menjadi Diplomat di KEMENLU. 

Bisa disimpulkan bahwa banyak sekali karir bagi lulusan jurusan satu ini. Jenis dan Jenjang karir yang ditawarkan ini pun sangat variatif. Rata-rata gaji awal lulusan sastra satu ini begitu kompetitif. Gaji yang akan diberikan ini akan disesuaikan dengan kemampuan dan pengalaman yang Anda miliki. Gaji yang akan Anda dapatkan ini juga sangat tergantung dengan  area tempat Anda bekerja dan tingkatan pekerjaan pada perusahaan.

Ada beberapa pilihan karir yang bisa Anda dapatkan seperti penerjemah atau lisan, guru bahasa Asing, pemandu wisata maupun staf maskapai penerbangan. Anda juga bisa dosen, jurnalis, pramugari atau pramugara, konten kreator, penulis konten, editor dan masih banyak lagi lainnya.

Dunia Perkuliahan

Selama 4 tahun atau 8 semester Anda tidak hanya dibekali dengan keterampilan bahasa Arab secara lisan maupun tertulis. Anda akan belajar bagaimana melakukan alih bahasa bahkan diplomasi budaya. Anda akan mengkaji manuskrip syair dan prosa Arab. Ada juga karya yang harus Anda kaji seperti Nizar Qabbani, Najib Mahfudz dan Umru Al-Qais. Ada juga karya dari Najib Kailani, dan masih banyak lagi lainnya.

Mata Kuliah

Ada beberapa mata kuliah yang bisa Anda temui misalnya Bahasa Arab, Fonetik dan Fonologi Arab, Semantik Pragmatik Arab dan Kritik Sastra Arab. Anda juga akan belajar tentang Terjemahan Arab Indonesia, Quran dan Hadist, Islamologi, Retorika Arab, Gerakan dan Pemikiran Islam, Sintaksis Arab, Sejarah Masyarakat Arab dan masih banyak lagi lainnya.

Setelah lulus dari jurusan Sastra Arab Anda bisa menyandang gelar Sarjana Sastra, Anda bisa melanjutkan ke jenjang pascasarjana di kampus bergengsi, pada jenjang yang lebih lanjut Anda bisa lebih mendalami berbagai bidang sehingga jurusan ini sangat menarik.