Jurusan Teknik Fisika

Nama lain program studi

Teknik Fisika

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Matematika

Deskripsi

Teknik Fisika adalah jurusan dengan bidang keilmuan yang menggabungkan konsep rekayasa keteknikan dengan ilmu sains dan teknologi. Cakupan ilmu yang diajarkan dalam jurusan ini cukup luas, mulai dari ilmu sains dasar seperti matematika, fisika, kimia, hinggal materi keteknikan seperti material, elektro dan mesin.

Lulusannya diharapkan mampu menghasilkan produk teknologi yang menjawab tantangan industri dan kehidupan. Jadi tanpa Anda sadari Anda akan menemukan berbagai macam aplikasinya. Anda akan melihat ilmu ini diterapkan dalam berbagai bidang: instrumentasi dan kontrol, akustik, tata cahaya, dan teknologi pendinginan ruangan.

Mengenal Jurusan Teknik Fisika dan Prospek Kerjanya

Dunia Perkuliahan

Jika Anda belajar di jurusan satu ini Anda tidak hanya belajar tentang teori Fisika saja namun Anda juga akan berbagai macam hal. Anda akan belajar tentang pemrograman, elektronika, sipil, kimia, material dan lain sebagainya. Saat Anda kuliah disini Anda akan belajar tentang perencanaan, desain, konstruksi maupun manajemen alat berat.

Anda sebagai mahasiswa Teknik Fisika juga akan mempelajari berbagai macam pengetahuan yang berhubungan dengan ilmu dasar seperti kimia, matematika dan fisika. Anda juga akan belajar tentang ilmu keteknikan seperti teknik elektro, teknik kimia, teknik material dan teknik mesin.

Jurusan ini cocok bagi Anda yang tertarik dengan bidang teknologi dan berminat terhadap ilmu dasar seperti matematika, fisika juga kimia. Anda juga akan belajar tentang advanced technologies. Perkembangan teknologi yang begitu cepat membuat kebutuhan akan insinyur yang memiliki kemampuan disiplin ilmu ini juga meningkat.

Mata Kuliah yang Dipelajari

Mengambil jurusan satu ini membuat Anda harus siap menghadapi berbagai macam hal seperti Fisika Dasar, Fisika Modern, Fisika Material, Analisis Termal, Mekanika Fluida, Konversi Energi, Teknik Akustik, Otomasi Industri, Elektronika Analog dan Digital. Jika Anda mengambil jurusan teknik dengan peminatan Manajemen Energi Anda bisa belajar tentang bagaimana cara membangun gedung yang lebih hemat energi dan ramah lingkungan dengan menggunakan prinsip Fisika.

Pada tingkat akhir Anda bisa memilih peminatan yang berbeda dan fokus yang berbeda. Pada tingkat akhir Anda bisa memilih beberapa lab. Misalnya seperti lab bidang medik, akustik, instrumentasi industri dan masih banyak lagi lainnya. Saat masuk akan banyak pilihan relatif yang bisa Anda dapatkan.

Prospek Kerja

Membicarakan prospek kerja jurusan Teknik Fisika ini sangat menarik. Hal itu karena lulusan satu ini bisa mendapatkan prospek kerja yang sangat luas. Anda bisa bekerja di industri teknologi baik itu industri manufaktur yang aman biasanya diisi oleh teknik elektro dan teknik mesin. Lulusan bisa menempati berbagai macam posisi, misalnya menempati posisi di dalam bidang kontrol sistem, material atau mesin di perusahaan otomotif. 

Anda juga bisa bekerja di industri perminyakan, telekomunikasi dan elektronika, maupun bekerja di bidang pertambangan. Anda juga bisa bekerja di teknologi informasi, akademisi maupun bekerja di lembaga penelitian. Gaji yang didapatkan oleh lulusan ini kompetitif dimana tergantung dengan keterampilan, pengalaman, jabatan, kemampuan dan sebagainya.

Demikianlah beberapa informasi Teknik Fisika yang menarik untuk diketahui, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.