Jurusan Teknik Geodesi

Nama lain program studi

Teknik Geodesi dan Geomatika

Teknik Geodesi

Pelajaran SMA terkait

Matematika

Deskripsi

Teknik Geodesi adalah ilmu yang mempelajari masalah kebumian, mulai dari fisik bumi hingga permasalahan yang ada di dalamnya. Menurut sejarah, geodesi menjadi salah satu ilmu pengetahuan yang cukup tua di dunia. Ilmu ini pernah dipakai mengatasi banjir di mesir 2000 tahun sebelum masehi. Nah bagi kamu yang kebingungan memilih jurusan kuliah, mungkin bisa memasukkan geodesi ke dalam bucket list.

Teknik Geodesi, Jurusan Bergengsi dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Sekilas Tentang Teknik Geodesi

Sederhananya, geodesi adalah ilmu yang mempelajari bentuk bumi, termasuk ukuran darat dan lautannya. Bukan hanya itu, objek-objek luar angkasa pun akan disinggung dalam jurusan geodesi. Ilmu ini mengutamakan proses pemetaan dan perhitungannya yang banyak berguna dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, penentuan rute tambang yang sangat membutuhkan info jelas tentang wilayah sekitar seperti kondisi tanah atau info spasial lainnya. 

Ilmu ini adalah bagian dari cabang ilmu matematika. Jadi, kamu yang memilih jurusan ini dipastikan akan bersahabat dengan angka dan rumus hitung-hitungan. Kamu akan belajar mengukur luas, menggambarkan suatu posisi dari setiap titik yang ada di bumi. Beberapa mata kuliah yang ada di jurusan ini antara lain Geologi, Aljabar, Kartografi, Kalkulus, Komputer dan lain sebagainya.

Geodesi sangat bermanfaat di bidang pemetaan dan navigasi. Sebab, geodesi sendiri berkaitan dengan proses pengukuran untuk kebutuhan pembuatan peta. Oleh karena itu, mahasiswa jurusan geodesi dituntut menguasai pemrosesan data, teknik analisis, penyajian data, dan bukan tidak mungkin akan bekerja di lapangan. 

Mahasiswa geodesi juga harus beradaptasi dengan teknologi terkini. Sebab, proses pengukuran dan pemetaan akan dilakukan secara digital. Dalam proses pembelajaran, mahasiswa akan dibiasakan untuk menguasai ilmu komputer terapan. 

Prospek Kerja Teknik Geodesi

Pemetaan suatu wilayah terus dibutuhkan setiap tahunnya. Banyak perusahaan terus mencari tenaga SDM di bidang survey untuk memetakan suatu wilayah. Karena itu, Teknik Geodesi punya  banyak prospek kerja yang menjanjikan. Contohnya saja, pembukaan lahan untuk perusahaan tambang, memetakan lokasi migas di lautan, membantu infrastruktur jalan, jaringan rel kereta dan lain sebagainya. Sehingga, mahasiswa lulusan Geodesi bisa bekerja di beberapa perusahaan berikut:

  1. Lembaga pemerintahan seperti BPN, LAPAN, Bappeda, Departemen Pertambangan dan Energi, Departemen Perhubungan, Departemen Kehutanan dan lain-lain.
  2. Lembaga riset seperti LIPI dan BPPT
  3. Industri migas seperti Freeport, Pertamina, Caltex, Schlumberger, Surveyor Indonesia dan lain-lain.
  4. Bekerja di kontraktor bangunan seperti Wika
  5. Menjadi dosen pengajar di Universitas

Alasan Memilih Teknik Geodesi

Banyak alasan yang mengharuskan kamu memilih jurusan Teknik Geodesi. Yang pertama jelas karena prospek kerja yang luas dan bisa masuk ke perusahaan nasional dan internasional. Kemudian, lulusan geodesi masih sangat terbatas, sementara kebutuhan SDM-nya terus meningkat. Terakhir, geodesi bisa menjadi ajang gengsi yang bisa dipamerkan ke teman-teman atau calon mertua kamu.