Jurusan Sistem Telekomunikasi

Nama lain program studi

Sistem Telekomunikasi

Teknik Telekomunikasi

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Matematika

Deskripsi

Sistem Telekomunikasi adalah jurusan yang mengajarkan penggunaan dan perkembangan teknologi pada bidang telekomunikasi. Anda tidak hanya belajar tentang telekomunikasi kabel dan jaringan sinyal radio saja, tetapi Anda juga akan belajar teknologi wireless atau tanpa kabel seperti sistem komunikasi seluler dan digital. Jurusan ini juga akan mengajarkan Anda tentang cara penyaluran dan penyebaran informasi yang lebih efisien.

Memasuki Era Digital, Lulusan Sistem Telekomunikasi Semakin Banyak Dibutuhkan

Mengapa Jurusan Ini?

Ada beberapa alasan mengapa Anda bisa menjadikan jurusan satu ini sebagai pilihan. Jurusan satu ini sudah ada dan terkenal sejak tahun 90-an. Periode tersebut menjadi zaman dengan perkembangan teknologi komunikasi yang pesat. Saat itu mulaibanyak sarjana telekomunikasi yang dibutuhkan untuk membangun dan mengembangkan teknologi telekomunikasi ini, terutama dalam bidang sarana dan prasarana. 

Memasuki era digital, lulusan jurusan telekomunikasi semakin dibutuhkan karena perannya yang krusial dalam menopang pertukaran informasi yang semakin berskala besar. Oleh sebab itu jurusan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengembangkan telekomunikasi di negara Indonesia.

Mata Kuliah

Mata kuliah yang akan Anda dapatkan di jurusan ini didominasi oleh pelajaran yang berkaitan dengan Fisika. Anda akan belajar tentang Algoritma, Matematika Diskrit, Variabel Kompleks, Teknik Digital, Fisika, Elektromagnetika, Elektronika, Antena dan Propagasi. Tidak hanya itu saja Anda akan belajar tentang Pemrograman Java, Rekayasa Trafik, Pengolahan Sinyal Digital, Sistem Komunikasi Optik, Teknik Modulasi, Keamanan Jaringan, Sistem Komunikasi Nirkabel, Komunikasi Data dan masih banyak lagi lainnya.

Prospek Kerja

Sistem Telekomunikasi ini memiliki prospek kerja dan peluang kerja yang bagus. Lulusan jurusan satu ini banyak dicari oleh berbagai macam perusahaan telekomunikasi atau perusahaan digital. Misalnya saja perusahaan penyedia layanan telekomunikasi seperti internet, telepon genggam maupun perusahaan teknologi lainnya. Mempunyai pengetahuan dalam bidang telekomunikasi dan perkembangannya sampai masa kini adalah modal utama. Alasannya karena para lulusan teknik telekomunikasi ini sudah disiapkan terjun ke dalam dunia kerja.

Dunia Perkuliahan

Jurusan satu ini akan didominasi oleh pria namun saat ini banyak perempuan yang mulai masuk di jurusan satu ini. Anda yang masuk jurusan ini akan banyak dihadapkan dengan praktikum. Waktu perkuliahan disini akan banyak diisi oleh praktikum. Kuliah di Jurusan Sistem Telekomunikasi ini membuat Anda dituntut untuk lebih mandiri dan mampu mencari berbagai macam referensi. Saat ini perkembangan teknologi sangat pesat membuat Anda harus bisa mengupdate berbagai pengetahuan Anda secara mandiri. Dosen hanya akan memberikan dasar teori saja. Selebihnya Anda sebagai mahasiswa akan dituntut untuk mencari pengembangan yang mandiri.

Ilmu Elektronika Dasar menjadi ilmu awal yang akan dipelajari disini. Anda akan belajar tentang komponen-komponen sampai ke blok sistem dengan berbagai rangkaian elektronika. Pada awal pembelajaran Anda akan tahu bagaimana sistem informasi ini bekerja. Anda juga akan belajar tentang bagaimana TV radio bisa menangkap siaran. Setelahnya Anda akan belajar bagaimana informasi bisa terpancar.

Sistem Telekomunikasi memiliki prospek yang bagus, beberapa kampus ternama menawarkan jurusan satu ini sehingga Anda bisa memilih kampus yang sesuai dengan keinginan Anda.