Jurusan Bimbingan dan Konseling

Nama lain program studi

Bimbingan dan Konseling

Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Bimbingan Penyuluhan Islam

Bimbingan Konseling

Pendidikan Bimbingan dan Konseling

Pelajaran SMA terkait

Sosiologi

Deskripsi

Bimbingan dan Konseling atau BK ini menjadi jurusan yang banyak diminati. Jurusan ini sangat cocok bagi Anda yang penyabar, memiliki sifat supel dan mudah untuk sosialisasi, tenang ketika masalah menerpa dan berbagai macam sifat positif lainnya. Jurusan satu ini mempelajari tentang ilmu pendidikan yang mana ada hubungannya dengan pemahaman pendidikan, pemahaman peserta didik dan cara pembelajaran.

Ilmu pendidikan satu ini dijadikan sebagai dasar dan acuan untuk membimbing para peserta didik. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan guru BK di sekolah, guru ini memiliki tugas memberikan bimbingan atau arahan psikologis kepada para siswa. Kasus yang sering ditangani oleh guru BK adalah kenakalan remaja, tawuran, nilai yang jelek dan berbagai macam kasus lainnya. Hal negatif itu membutuhkan penanganan dari konselor yang mana lulusannya dari Jurusan Bimbingan dan Konseling.

Kupas Tuntas Jurusan Bimbingan dan Konseling Beserta Prospeknya!

Mengapa Jurusan Bimbingan dan Konseling?

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh atau didapatkan oleh lulusan jurusan Bimbingan dan Konseling. Keuntungan yang pertama adalah Anda bisa memahami karakter murid, di jurusan ini Anda bisa mendapatkan materi bagaimana mengajar yang ideal dan disukai oleh semua murid.  

Menjadi seorang konselor Anda akan mendapatkan pengarahan untuk memahami karakter, mengetahui bagaimana cara menyikapi dan memiliki komunikasi efektif dengan murid. Anda harus menyiapkan diri Anda menjadi konselor yang paling dikagumi para siswa bukan menjadi konselor yang dijauhi.

Jurusan BK ini erat kaitannya dengan cabang psikologi, Anda tidak hanya mempelajari tentang pelajaran umum namun juga mempelajari tentang karakter dan mental seseorang.  Dengan bekal dan ilmu yang Anda pelajari selama di bangku kuliah, Anda bisa memperbaiki kepribadian murid menjadi lebih baik lagi.

Dengan memilih Jurusan BK ini Anda bisa lebih mudah dalam memahami karakter orang yang mana ada di sekeliling Anda. Pemahaman yang baik ini akan memunculkan rasa saling memahami yang bagus. Anda juga akan menjadi pribadi yang mana tidak akan mudah memahami murid dan meningkatkan kebijaksanaan.

Dunia Kuliah

Jurusan Bimbingan Konseling ini masuk ke dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Meski sebenarnya jurusan satu ini sangat erat dengan jurusan Psikologi. Oleh sebab itu Anda yang ingin mendaftar jurusan ini tidak perlu bingung, jika nanti gelar yang akan didapatkan adalah S.Pd atau Sarjana Pendidikan.

Jurusan satu ini bisa Anda tempuh selama 8 semester. Pada semester 5 Anda akan menjalani peminatan. Kampus ini akan membagi peminatan menjadi dua yaitu Peminatan Pendidikan dan Non Pendidikan. Pada Peminatan Pendidikan ini Anda akan mengkaji berbagai macam hal yang mana ada hubungannya dengan program pendidikan baik itu yang ada di dalam sekolah maupun luar sekolah.

Prospek Kerja

Lulusan Jurusan Bimbingan dan Konseling ini memiliki prospek karir yang luas. Prospek yang pertama Anda bisa menjadi pengajar dan guru BK. Anda juga bisa berkarir sebagai konsultan pendidikan di lembaga bimbingan belajar. Anda juga bisa bergabung dengan pengembangan SDM di sebuah perusahaan.

Masih banyak yang berminat terhadap Jurusan Bimbingan dan Konseling karena memiliki prospek yang cerah, jika Anda ingin masuk jurusan satu ini terutama di universitas favorit persiapkan diri Anda dengan sebaik-baiknya karena kompetisinya yang ketat.