Jurusan Bisnis Digital

Nama lain program studi

Bisnis Digital

Teknologi Bisnis Digital

Pelajaran SMA terkait

Ekonomi

Matematika

Deskripsi

Jurusan Bisnis Digital banyak diminati terlebih lagi di era digital seperti saat ini. Bisnis satu ini masuk ke dalam ilmu terapan, sedangkan implementasinya merancang dan menjalankan bisnis yang mana basisnya adalah digital. Ilmu yang Anda peroleh akan memadukan manajemen, bisnis, sistem informasi bahkan teknik informatika.

Pada umumnya jurusan bisnis satu ini tersedia dalam D4 atau S1. Jurusan satu ini merupakan jawaban dari berbagai macam tantangan bisnis yang ada di masa depan yang mana dominasi oleh sistem digital. Untuk bisnis berbasis digital, dibutuhkan kajian yang mendalam, terstruktur bahkan berkelanjutan supaya bisa menemukan bisnis yang benar-benar tepat.

Era Digital, Jurusan Bisnis Digital Memiliki Prospek yang Semakin Cerah!

Di Era Digital, Bisnis Digital Terus Tumbuh dan Berkembang

Jurusan satu ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki solusi dan rekomendasi dalam semua permasalahan bisnis. Saat ini ekonomi yang ada di Indonesia atau bahkan dunia memanfaatkan teknologi digital untuk menjalankan bisnis. Contohnya Indonesia, saat ini banyak marketplace hadir menyemarakkan dunia bisnis digital. Banyak masyarakat yang memanfaatkannya untuk menjual produk barang maupun jasa, selain itu jumlah pembeli online tanpa harus bertemu dan tatap muka semakin meningkat. 

Kedepannya bisnis berbasis digital ini akan semakin marak dan berkembang tidak hanya saat pandemi saja. Saat dunia sudah kembali normal, platform berbasis digital akan semakin banyak diminati. Peluang yang ada di era digital ini akan semakin terbuka dengan lebar, sehingga tugas Anda adalah memanfaatkan peluang ini sebaik-baiknya. 

Sudah banyak pebisnis sukses yang meraih pundi-pundi rupiah dalam jumlah fantastis bahkan kaya mendadak dari bisnis berbasis digital yang dimilikinya sehingga hal ini bisa Anda jadikan sebagai acuan dan semangat untuk sukses di masa depan.

Dunia Perkuliahan

Tujuan dari jurusan satu ini adalah mampu menyiapkan sumber daya manusia yang mana bisa menguasai berbagai macam bidang bisnis terkini. Misalnya saja Big Data, Start Up Digital, Pengembangan Website, User Experience, Keamanan Cyber dan masih banyak lagi lainnya.

Mata kuliah yang Anda pelajari di jurusan ini sangat unik dimana Anda akan mengkombinasikan teknologi dan ilmu bisnis.  Beberapa mata kuliah yang bisa Anda dapatkan adalah E-Marketing dan CRM, Manajemen Sistem Informasi, Strategi Bisnis Digital dan lain sebagainya. Jurusan satu ini juga baru ada di beberapa universitas saja pada tahun 2018, baru setelah itu diikuti oleh kampus-kampus lain. 

Jangan salah, tingkat kompetisi untuk masuk ke jurusan ini sangat ketat dimana hal itu terlihat pada SBMPTN pada tahun 2019 lalu. Tingginya minat terhadap jurusan satu ini membuat 42 perguruan tinggi di Indonesia ini menyediakan Jurusan Bisnis Berbasis Digital untuk jenjang S1 maupun D4.

Prospek Kerja

Lulusan akan mendapatkan peluang kerja yang luas. Hal itu karena banyak perusahaan baru berdiri mengusung konsep berbasis digital ini. Perusahaan bisnis yang sudah lama berdiri pun harus beradaptasi dengan integrasi sistem bisnis ke ranah digital.  Anda bisa bekerja sebagai data analis, SEO spesialis, dosen, digital marketing, pengusaha dan masih banyak lagi lainnya.

Demikianlah informasi tentang Jurusan Bisnis Digital yang sangat menarik untuk Anda ketahui, jika Anda ingin masuk ke jurusan ini persiapkan diri sebaik-baiknya karena persaingan yang ketat.