Jurusan Manajemen Syariah

Nama lain program studi

Manajemen Bisnis Syariah

Manajemen Syariah

Bisnis Islam

Bisnis dan Manajemen Buddha

Manajemen dan Bisnis Syariah

Pelajaran SMA terkait

Ekonomi

Matematika

Deskripsi

Manajemen Syariah menjadi jurusan yang banyak diminati. Jurusan ini mempelajari tentang pembentukan dan pengelolaan bisnis. Untuk aktivitas dan tujuannya disesuaikan dengan syariat yang berlaku dalam agama Islam juga melalui pendekatan aplikatif yang mana bisa diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam pembelajarannya ini akan ada sembilan prinsip dalam manajemen yaitu tauhid, ibadah, amanah dan tanggung jawab. Prinsip selanjutnya ada adil, hikmah, ihsan, halalan thayyiban, musyawarah dan tolong menolong. Di jurusan ini Anda akan belajar tentang entrepreneurship. Ilmu ini yang akan Anda jadikan sebagai dasar dalam membangun dan mengembangkan bisnis syariah yang mandiri.

Bagaimana Prospek Jurusan Manajemen Syariah?

Mata Kuliah yang Dipelajari

Istilah syariah ini diartikan sebagai hukum agama yang mana mengatur hubungan antara manusia dengan Allah. Selain itu hukum ini mengatur tentang manusia dengan manusia maupun alam sekitarnya. Ada berbagai macam mata kuliah yang akan Anda pelajari disini. Mata kuliah tersebut adalah Komunikasi Bisnis, Ilmu Tafsir, Praktek Ibadah Qira'ah, Sistem Informasi Bisnis, Ilmu Sosial Budaya, Bahasa Arab Ekonomi, Hadist Ekonomi, Metodologi Studi Islam, Ekonomi Islam, Etika Bisnis Syariah dan masih banyak lagi lainnya.

Mengapa Jurusan Manajemen Bisnis Syariah?

Ada beberapa alasan mengapa Anda bisa memilih jurusan satu ini. Alasan yang pertama Anda tidak hanya akan mendapatkan ilmu yang mengatur dan mengelola bisnis saja, Anda juga akan belajar tentang syariat Islam yang mana menjadi pengatur dalam aktivitas bisnis ini. Keduanya akan menjadi nilai tambah untuk diri Anda. Hal itu karena saat ini berbagai macam lembaga bisnis syariah ini terus muncul di Indonesia. Anda juga akan dibekali dengan ilmu kewirausahaan sehingga Anda bisa menjadi pengusaha dengan membangun bisnis yang mana basisnya adalah syariah, tidak hanya bisnis abal-abal namun Anda bisa membangun bisnis yang berkualitas.

Dunia Perkuliahan

Disini Anda akan mempelajari berbagai ilmu manajemen yang mana dibutuhkan dalam bisnis syariah.  Anda akan belajar bagaimana cara merencanakan bisnis syariah. Anda juga akan mempelajari bagaimana konsep bisnis syariah mulai dari pelaku bisnis, etika bisnis, landasan pokok bisnis. Anda akan mempelajari berbagai hal lainnya yang mana bisa membuat Anda melakukan perencanaan bisnis dengan baik.

Saat kuliah di Jurusan Manajemen Syariah Anda akan bertemu dengan mata kuliah teknik pembelajaran bahasa Arab yang praktis. Dalam mata kuliah ini Anda bisa mempelajari dan memahami teks dalam bahasa Arab yang mana berkaitan dengan masalah ekonomi dan bisnis dengan basis syariah. Anda akan belajar seperti apa etika bisnis dalam perspektif Islam mulai dari produksi, distribusi sampai dengan konsumsi. Yang paling penting Anda bisa mengetahui seperti apa praktek bisnis yang dilarang atau diperbolehkan dalam Islam.

Prospek Kerja

Jurusan Manajemen Syariah ini memiliki prospek yang cerah. Karena belajar tentang ilmu dan dasar bisnis atau kewirausahaan maka lulusan satu ini diharapkan mampu membangun dan mengelola bisnis dengan basis syariah. Meski begitu tidak menutup kemungkinan jika lulusan bisa bekerja di bank syariah, lembaga keuangan negara, akademisi bahkan Anda bisa bekerja di BUMN. Anda juga bisa bekerja sebagai PNS atau Pegawai Negeri.

Demikianlah beberapa informasi tentang jurusan Manajemen Syariah yang menarik untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat Anda.