Jurusan Teknik Sistem Perkapalan

Nama lain program studi

Teknik Sistem Perkapalan

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Deskripsi

Jurusan Teknik Sistem Perkapalan memberikan fondasi yang kuat akan kemampuan perencanaan, pengembangan dan perbaikan sistem kapal atau bangunan lepas pantai seperti sistem kelistrikan, sistem navigasi dan sistem otomasi. Sebagai negara kepulauan, lautan Indonesia jauh lebih luas dibanding daratannya. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara maritim terbesar yang ada di dunia saat ini. Untuk menunjangnya, dibutuhkan pembangunan industri maritim yang harus terus dikembangkan dalam jangka waktu panjang. Tujuannya jelas, yaitu memanfaatkan kekayaan laut nusantara secara lebih optimal. Oleh karena itu, lulusan jurusan ini jelas sangat dibutuhkan.

Teknik Sistem Perkapalan, Dunia Perkuliahan dan Prospek Kerjanya

Sekilas Tentang Sistem Perkapalan

Teknik sistem perkapalan adalah program studi yang mempelajari perancangan dan perencanaan sistem kapal, termasuk bangunan penunjang yang berkaitan dengan kapal. Mulai dari permesinan, propulsi, kelistrikan hingga perpipaan kapal, semua akan dibahas dalam program studi ini. Namun, perlu dicatat bahwa jurusan ini tidak menyiapkan lulusannya untuk menjadi nahkoda kapal. Ahli di bidang ini lebih fokus dalam perancangan kapal beserta seluk beluknya. 

Kalau punya minat lebih di bidang perkapalan maka sangat cocok masuk ke jurusan ini. Sebab, akan banyak teori dan praktek pembuatan kapal yang bakal dipelajari selama studi di bidang ini. Nantinya, ilmu yang dikuasai bisa diaplikasikan di berbagai bidang kemaritiman atau perkapalan. Apalagi di negara maritim seperti Indonesia, kebutuhan akan insinyur perkapalan sangatlah tinggi.

Di dalam dunia kerja, kamu akan berhubungan dengan lulusan teknik lainnya, seperti teknik konstruksi perkapalan. Nantinya, lulusan teknik konstruksi teknik sistem perkapalan akan memikirkan konstruksi kapal yang menitikberatkan pada aspek fisik. Sedangkan kamu yang kuliah di jurusan ini lebih fokus mendesain konsep dan sistem kapal seperti permesinan, navigasi, atau sistem lainnya.  

Dunia Perkuliahan

Secara garis besar, teknik sistem perkapalan banyak membahas materi tentang kapal. Kamu akan mempelajari desain kapal beserta komponen-komponen yang ada di dalamnya. Beberapa mata kuliah yang ditawarkan antara lain elektronika kapal, bisnis maritim, mekanika fluida, keselamatan kapal, sistem perpipaan laut dan lain sebagainya. 

Karena masuk fakultas teknik, mahasiswa akan berkutat dengan desain dan hitung-hitungan. Jika menyukai hal tersebut maka kuliah akan terasa menyenangkan. Sebaliknya, kamu yang tidak menyukai hitung-hitungan butuh perjuangan yang lebih besar dalam menjalani perkuliahan. 

Sebelum adanya covid, masa perkuliahan banyak dihabiskan di kelas, laboratorium, atau turun langsung ke lapangan. Sedangkan di masa pandemi, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online (tergantung kebijakan masing-masing kampus).

Karir dan Prospek Kerja

Karier dan prospek kerja lulusan teknik sistem perkapalan cukup banyak dan sangat luas. Apalagi dengan majunya industri kemaritiman Indonesia, lulusan ini semakin dicari banyak perusahaan. Nantinya, kamu bisa bekerja sebagai ahli mesin kapal, insinyur perkapalan, pelaut, dan lain sebagainya. Selain bekerja di kapal, lulusan ini banyak ditempatkan di fasilitas lepas pantai (offshore) dengan tawaran gaji yang fantastis.