Jurusan Teknologi Bioproses

Nama lain program studi

Teknologi Bioproses

Pelajaran SMA terkait

Biologi

Kimia

Deskripsi

Istilah virus, bakteri, atau jamur bukanlah hal yang asing di masyarakat. Kita hidup berdampingan dengan mereka dan saling bersentuhan setiap waktu. Mayoritas orang menganggap mikroorganisme tersebut sebagai hal yang merugikan. Padahal, baik virus, bakteri atau pun jamur semuanya bisa dimanfaatkan untuk sesuatu hal yang bernilai tinggi. Nah, hal inilah yang akan kamu pelajari di jurusan teknologi bioproses.

Program studi ini fokus membahas pemanfaatan biomassa seperti mikroorganisme agar menghasilkan keuntungan yang bermanfaat. Praktek bioproses banyak dipakai dalam skala industri untuk berbagai keperluan tertentu. Bioproses sendiri adalah gabungan antara bioteknologi dan juga teknik kimia. Ilmu ini mempelajari sifat-sifat mikroorganisme, sel tumbuhan, dan hewan sebagai bentuk dari pemanfaatan sumber hayati. Selain itu, proses produksi dari skala laboratorium untuk penggunaan masal juga dipelajari di program studi ini.

Mengenal Prodi Teknologi Bioproses, Lulusannya Dibutuhkan di Berbagai Sektor Industri

Alasan Masuk Jurusan Ini

Teknologi bioproses berkaitan dengan ilmu biologi, kimia, serta penggunaan teknologi dalam pemanfaatannya. Kamu yang tertarik dengan ilmu tersebut, terutama biologi, sangat disarankan memilih jurusan ini. Nantinya akan banyak rasa keingintahuan yang terjawab melalui proses eksperimen. 

Ya, selain belajar mikroorganisme, kamu juga diberikan pemahaman tentang proses pemanfaatannya hingga menjadi sebuah produk tertentu. Nantinya, produk inilah yang dipakai di masyarakat sehingga ilmu yang dipelajari bisa lebih bermanfaat.

Kemudian, melihat industri yang terus berkembang, prospek kerja jurusan ini akan terus tersedia. Banyak perusahaan yang mengembangkan inovasi di bidang bioproses, sehingga SDM yang ahli di bidang bioproses akan terus dibutuhkan.

Dunia Perkuliahan

Kamu yang kuliah di jurusan Teknologi bioproses akan mempelajari berbagai disiplin ilmu seperti biologi, fisika, kimia, hingga matematika. Kamu perlu melatih daya ingat dan pengetahuan untuk memahami materi perkuliahan. Selain itu, kemampuan di bidang hitung-hitungan pun masih sangat diperlukan. Jadi, pastikan untuk melatih skill matematika kamu dari sekarang ya. 

Sebagai gambaran, beberapa mata kuliah yang akan ditemui antara lain kalkulkus, kimia dasar, kimia fisika, rekayasa genetika, aljabar linear, mekanika fluida dan lain-lain. Kamu bisa mencari tahu dari sekarang dan mempelajarinya  secara garis besar.

Ketika kuliah, kamu akan sering melakukan praktek di laboratorium.  Selain lebih asyik tentu banyak materi baru yang dipelajari. Kamu yang menyukai eksperimen, observasi, dan senang melakukan riset akan betah kuliah di jurusan ini.

Karier dan Prospek Kerja

Lulusan teknologi bioproses sangat dibutuhkan di banyak bidang industri. Contohnya, kamu bisa bekerja di industri pangan, industri biomedical, industri energi, industri vaksin, hingga industri obat-obatan dan farmasi. Kamu akan menjabat sebagai ahli kimia, ahli biologi, ahli teknik biologi dan lain-lain. Selain bergengsi, potensi gaji yang diperoleh sangatlah menjanjikan.