Jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata

Nama lain program studi

Destinasi Pariwisata

Manajemen Perhotelan dan Pariwisata

Manajemen Resort dan Leisure

Hospitality dan Pariwisata

Hospitaliti dan Pariwisata

Hospitality

Pelajaran SMA terkait

Ekonomi

Deskripsi

Manajemen Perhotelan dan Pariwisata menjadi jurusan yang banyak diminati. Meski saat pandemi banyak yang kolaps, kedepannya bisnis perhotelan dan pariwisata ini akan tetap menguntungkan. Manajemen perhotelan juga pariwisata ini menjadi jurusan yang mengembangkan pengetahuan dan diseimbangkan dengan skill atau keterampilan. Anda juga akan dibekali dengan berbagai macam keterampilan dan ilmu perhotelan. Misalnya seperti perencanaan, produksi, dan terakhir pengawasan pengelolaan akomodasi.

Skill mengatur kegiatan operasional hotel bisa Anda dapatkan disini. Selain itu Anda akan memiliki kemampuan bahasa asing dan kemampuan dalam mengatur operasional hotel. Yang membuat jurusan satu ini seru adalah Anda tidak hanya belajar tentang front office dan housekeeping saja, Anda juga akan belajar tentang manajemen tata boga maupun tata hidang. Anda juga akan belajar tentang patiseri atau pembuatan kue sehingga sangat lengkap.

Miliki Potensi Besar, Jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata Prospektif

Mengapa Jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata?

Ada beberapa alasan mengapa bisa memilih jurusan manajemen perhotelan dan pariwisata. Alasan yang pertama adalah perhotelan dan pariwisata ini memiliki prospek yang baik kedepannya. Meski saat masa pandemi performa perhotelan dan pariwisata ini menurun namun kedepannya kondisinya akan semakin membaik terlebih lagi potensi wisata yang dimiliki setiap wilayah di Indonesia ini sangat besar.

Saat memilih jurusan satu ini Anda akan banyak kegiatan praktik dan pembahasan teori. Anda juga akan semakin fasih bahasa asing. Selain Anda akan semakin paham bahasa Inggris, Anda akan mempelajari bahasa Mandarin, bahasa Jepang, bahasa Perancis, Jerman dan masih banyak lagi lainnya.

Mata Kuliah yang Dipelajari

Saat kuliah di jurusan ini Anda akan mempelajari berbagai macam mata kuliah. Anda akan belajar Ilmu Budaya Dasar, Statistik, Pariwisata dan Kebudayaan, Front Office, Pengolahan Makanan, Tata Graha dan Binatu Hotel.

Di jurusan ini Anda juga akan belajar tentang Akuntansi Perhotelan, Hygiene, Pembinaan Sikap Profesi, English For Housekeeping, Sanitasi, Keselamatan Kerja dan Manajemen Keuangan. Ada juga materi kuliah Manajemen Divisi Kamar, MICE, Bartending, Manajemen SDM, Manajemen Makanan dan Minuman, Manajemen Pemasaran Hotel, Hotel Information System dan masih banyak lagi lainnya.

Prospek Kerja dan Pilihan Karir

Manajemen Perhotelan dan Pariwisata memiliki prospek dan pilihan karir yang luas. Lulusan prodi ini bisa bekerja di bidang perhotelan maupun kapal pesiar. Anda juga bisa bekerja sebagai agen atau staf di biro perjalanan wisata, bekerja di kawasan wisata, maskapai penerbangan, konsultan penerbangan dan bisa membuat usaha sendiri. 

Dengan bekal pengalaman training yang Anda dapatkan di hotel berbintang ini membuat lulusan jurusan satu ini mampu mengembangkan karir sampai posisi puncak bahkan sampai ke level manajemen industri.

Pilihan karir dan profesi yang bisa Anda dapatkan adalah Manajer Umum dan Profesional, Baker atau pembuat roti, barista dan pemandu tour. Anda bisa bekerja di instansi pemerintah seperti Dinas Pariwisata baik yang ada di pusat maupun daerah. Anda bisa menjadi chef dan kepala koki, manajer dan masih banyak lagi lainnya.

Prospek jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata ini sangat bagus dan cerah, mengingat Indonesia ini memiliki potensi pariwisata yang besar Anda bisa menjadikan jurusan ini sebagai pilihan.