Jurusan Seni Rupa

Nama lain program studi

Seni Murni

Seni Rupa Murni

Seni Rupa

Pelajaran SMA terkait

Seni Rupa

Deskripsi

Seni Rupa ini menjadi jurusan yang bisa dipilih bagi penyuka bidang seni. Dengan mengambil jurusan satu ini mahasiswa bisa menyalurkan bakat dan minat mereka, selain itu bisa merealisasikan idenya ke dalam sebuah karya seni. Jurusan satu ini ada pada bidang seni dan bermula pada pemahaman akan tradisi fine art. Mahasiswa akan diajari bagaimana cara melukis, seni grafis, kerajinan, seni pahat dan sebagainya. Kuliah di jurusan ini juga akan membuat mahasiswa belajar tentang sejarah seni, tematik dan komposisi dalam karya seni.

Bagaimana Prospek Jurusan Seni Rupa? Ketahui Jawabannya Disini!

Dunia Perkuliahan

Jika Anda mengambil jurusan ini, Anda akan dibekali berbagai macam keterampilan seperti ekspresi proses kreatif, praktik seni, keterampilan artistik dan sebagainya. Anda akan belajar di bangku kuliah selama 4 tahun atau 8 semester. Di jurusan ini Anda banyak belajar tentang dasar artistik menggunakan media yang baru.

Di jurusan ini Anda harus mulai membiasakan diri dengan kegiatan melukis, menggambar dan memahat. Ketiga aktivitas tersebut akan Anda lakukan setiap hari membuat ekspresi yang Anda miliki semakin kaya. Jurusan ini juga sangat cocok bagi Anda yang sangat suka berkreasi dan bereksperimen.

Mata Kuliah yang Dipelajari

Ada berbagai macam mata kuliah yang bisa Anda dapatkan dan temui di jurusan satu ini. Anda akan menemui mata kuliah Gambar, Rupa Dasar 2D maupun 3D, Media Seni, Sosiologi Seni, Tinjauan Seni Rupa, Sejarah Seni Rupa Modern, Seni dan Ruang Publik, Seni Eksperimental dan masih banyak lagi lainnya.

Jurusan ini memiliki banyak peminatan dimana Anda bisa memilih sesuai dengan minat Anda. Anda bisa memilih Kajian Seni, Seni Rupa Trimatra, Seni Rupa Intermedia dan Seni Rupa Dwimatra. Saat sudah lulus Anda berhak menyandang gelar Sarjana Sepi. Anda juga bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana. Ada banyak pilihan kampus yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan baik dalam maupun luar negeri.

Jika Anda ingin menjadi guru Anda bisa memilih Jurusan Pendidikan Seni Rupa. Selain teori Anda juga akan diajarkan bagaimana cara mengajarkan seni rupa karena Anda dibekali dengan Ilmu Pendidikan. Setelah lulus gelar yang akan Anda dapatkan adalah Sarjana Pendidikan. 

Jika Anda ingin melanjutkan ke Jenjang Pascasarjana Anda bisa menempuh pendidikan S2 Pendidikan Seni Rupa. Anda juga bisa mengambil S2 Keguruan Seni rupa atau yang lainnya sesuai dengan kebutuhan minat Anda.

Pengetahuan dan Keahlian

Ada banyak pengetahuan dan keahlian yang bisa Anda dapatkan dengan mengambil jurusan ini. Anda bisa mendapatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis. Anda akan memiliki kemampuan dalam mengekspresikan perasaan melalui seni, selain itu memiliki kemampuan dalam menyajikan karya seni.  Anda bisa memiliki kemampuan untuk bekerja secara individu maupun tim. Yang terakhir Anda akan memiliki kemampuan kreatif dan artistik.

Prospek Kerja

Prospek kerja dari jurusan satu ini sangat luas. Anda bisa bekerja sebagai ilustrator, fotografer, desainer produk, dan pembatik. Peluang kerja lainnya adalah konten kreator, seniman, digital marketing, florist, guru sekolah dasar dan masih banyak lagi lainnya.

Demikianlah beberapa informasi tentang Jurusan Seni Rupa yang menarik untuk Anda ketahui, semoga bermanfaat untuk Anda.