Jurusan Akuntansi Keuangan Publik

Nama lain program studi

Akuntansi Keuangan Publik

Pelajaran SMA terkait

Ekonomi

Matematika

Deskripsi

Akuntansi Keuangan Publik ini akan mengajarkan ilmu akuntansi. Ilmu tersebut akan digunakan di organisasi atau sektor publik. Yang dimaksud sektor publik ini antara lain organisasi pemerintahan yang mana ada di pusat maupun daerah. Selain itu juga bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat, Rumah Sakit dan Pendidikan. Proses pengumpulan pencatatan, analisis laporan transaksi keuangan untuk organisasi sektor publik ini akan sangat berbeda dengan sektor swasta. Lembaga pemerintah ini juga memiliki standar akuntansi sendiri.

Mengenal Jurusan Akuntansi Keuangan Publik dan Prospek Kerjanya

Akuntansi Keuangan Publik ini akan mengajarkan ilmu akuntansi. Ilmu tersebut akan digunakan di organisasi atau sektor publik. Yang dimaksud sektor publik ini antara lain organisasi pemerintahan yang mana ada di pusat maupun daerah.  Selain itu juga bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat, Rumah Sakit dan Pendidikan. Proses pengumpulan pencatatan, analisis laporan transaksi keuangan untuk organisasi sektor publik ini akan sangat berbeda dengan sektor swasta.  Lembaga pemerintah ini juga memiliki standar akuntansi sendiri.

Alasan Memilih Jurusan Akuntansi Keuangan Publik

Ada beberapa alasan mengapa Anda bisa memilih jurusan akuntansi satu ini. Pada akuntansi sektor publik ini harus melakukan pertanggung jawaban dari mana asal dana dan digunakan untuk apa sumber dana organisasi tersebut. Dengan memilih jurusan ini Anda bisa menjadi tenaga akuntan yang kompeten dan jujur. Anda juga akan penuh dengan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai akuntan publik.

Keterampilan dan Ilmu yang Dipelajari

Anda yang mengambil jurusan satu ini akan mempelajari dan melakukan evaluasi secara kritis tentang proses akuntabilitas, pengendalian dan melakukan evaluasi kinerja sektor publik, Anda juga akan mendapatkan ilmu atau pengetahuan tentang membandingkan praktik akuntansi manajemen dan praktek mengendalikan anggaran yang mana digunakan dalam sektor publik. 

Anda juga akan memiliki kemampuan mengevaluasi secara kritis tentang implikasi akuntansi pada perubahan sektor publik, kemampuan untuk mengakui pentingnya peranan audit dan juga nilai uang dalam sektor publik.

Prospek Kerja 

Ada banyak prospek yang bisa didapatkan oleh lulusan Akuntansi Keuangan Publik. Prospek yang pertama Anda bisa bekerja sebagai pemeriksa keuangan. Anda juga bisa bekerja sebagai pegawai pajak atau pegawai persiapan pajak, auditor, akuntan publik, yang terakhir adalah pemeriksa dan pengumpul pajak.

Mata Kuliah yang Diajarkan 

Jurusan satu ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai ilmu hitung atau ilmu pasti. Jika Anda tidak menyukainya, Anda akan terasa berat dalam mengikuti dunia perkuliahan. Mata kuliah yang diajarkan adalah Matematika Ekonomi, Akuntansi Keuangan Menengah, Manajemen Keuangan, Akuntansi Biaya, Hukum Pajak, Manajemen Sumber Daya Manusia, Sistem Informasi Akuntansi, Perpajakan, Manajemen Keuangan Sektor Publik dan masih banyak lagi lainnya. 

Ruang Lingkup Akuntansi Keuangan Publik

Tidak hanya prospek kerja lulusannya saja yang luas namun ruang lingkup dari Akuntansi Keuangan Publik ini juga sangat luas.  Di Indonesia, akuntansi ini mencakup berbagai macam bidang seperti pemerintah pusat, daerah, partai politik dan berbagai macam yayasan. Semua lembaga tersebut membutuhkan jasa ini untuk mengelola anggaran. Lembaga sektor publik harus membuat laporan pertanggungjawaban yang mana didapatkan dari pengelolaan keuangan yang mana bisa disusun oleh lulusan jurusan akuntansi publik. 

Lulusan jurusan Akuntansi Keuangan Publik ini memiliki lingkup kerja yang luas dan banyak dibutuhkan oleh berbagai macam lembaga maupun yayasan, bagi Anda yang suka dengan bidang hitung-hitungan maka jurusan satu ini sangat sayang untuk Anda lewatkan.