Jurusan Kehutanan

Nama lain program studi

Kehutanan

Pengelolaan Hutan

Rekayasa Kehutanan

Manajemen Hutan

Pelajaran SMA terkait

Biologi

Deskripsi

Jurusan Kehutanan masih banyak diminati. Hal itu karena jurusan satu ini dianggap memiliki prospek kerja yang bagus. Dalam jurusan ini Anda akan belajar tentang fungsi dan penggunaan ekosistem hutan. Anda akan mempelajari tentang teknologi kehutanan, hukum penebangan hutan dan lain sebagainya. Di jurusan ini Anda bisa mendapatkan ilmu atau cara memanfaatkan hasil hutan tanpa harus merusak ekosistem yang ada di dalam hutan tersebut.

Jurusan ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jiwa petualang. Anda yang suka mendaki gunung juga cocok mengambil jurusan satu ini. Anda bisa menikmati keindahan gunung dan hutan sehingga tidak akan terasa berat saat menjalani dunia perkuliahan. Lulusan Jurusan Kehutanan ini diharapkan memiliki kontribusi dalam memelihara hutan yang baik.

Bagaimana Prospek Lulusan Jurusan Kehutanan?

Prospek Kerja

Bisa dikatakan jurusan kehutanan ini memiliki prospek kerja yang bagus mengingat Indonesia ini menjadi negara tropis yang mana memiliki wilayah hutan yang sangat luas. Dibutuhkan lulusan kehutanan untuk bisa mengelola kawasan hutan terjaga ekosistemnya dan tetap lestari. Jangan khawatir soal prospek kerja, hal itu karena jurusan satu ini memiliki banyak peluang dan jenjang karir bervariasi.

Umumnya rata-rata gaji yang akan didapatkan pada kisaran 4 juta rupiah. Besaran gaji ini sangat tergantung dengan kemampuan, jabatan, tempat bekerja maupun pengalaman yang dimiliki. Karir yang bisa Anda geluti adalah PNS, Dosen, Teknisi Konservasi Lingkungan, Peneliti Bioteknologi, Chocolatier, Ekonom, Wirausaha, Pengrajin Mebel dan masih banyak lagi lainnya.

Dunia Perkuliahan

Kuliah di Jurusan Kehutanan ini bisa Anda tempuh selama 4 tahun atau 8 semester. Anda akan belajar bagaimana cara meningkatkan produktivitas hutan, Anda akan belajar bagaimana cara mengelola dan mengolah hasil hutan yang lebih efisien, Anda juga bisa belajar bagaimana mengelola ekosistem hutan supaya lebih lestari. 

Di dunia kuliah ini Anda harus mempelajari bagaimana cara penyelamatan, pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya hutan yang lebih bijaksana. Saat lulus Anda akan mendapatkan gelar Sarjana Kehutanan. Anda bisa memilih bidang yang Anda minati apa ingin mendalami bidang manajemen hutan dan teknologi hasil hutan. Anda juga bisa memilih mendalami Konservasi Sumber Daya Hutan.

Mata Kuliah yang Dipelajari

Mata kuliah yang Anda temui ini akan beragam. Misalnya saja Inventaris Sumber Daya, Manajemen Sumber Daya, Ilmu Tanah Hutan, Fitogeografi, Ekologi Hutan, Dasar Konservasi Sumber Daya Hutan dan masih banyak lagi lainnya. Kuliah di jurusan ini mengasyikkan karena Anda tidak hanya kuliah di dalam kelas saja namun juga praktikum di laboratorium. Selain itu juga akan sering melakukan praktikum lapangan secara langsung.

Untuk memperkaya keilmuan Mahasiswa, jurusan satu ini sering melaksanakan praktek. Misalnya saja pengenalan hutan, pengelolaan hutan lestari dan masih banyak lagi lainnya. Saat kuliah Anda tidak hanya belajar soal teori saja sehingga tidak akan mudah bosan.

Pengetahuan dan Keahlian

Anda akan mendapatkan kemampuan melakukan observasi, kemampuan meneliti, memahami biologi, memahami kimia, kemampuan melakukan observasi, pemahaman kimia dan sebagainya.  Semua kemampuan tersebut akan Anda dapatkan selama di bangku kuliah.

Hutan Indonesia sangat luas. Lulusan Jurusan Kehutanan ini dijamin memiliki prospek yang cerah karena banyak dibutuhkan semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.