Jurusan Perikanan

Nama lain program studi

Perikanan

Ilmu Perikanan

Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan

Budidaya Perikanan

Pelajaran SMA terkait

Biologi

Deskripsi

Jurusan Perikanan ini tidak asing. Hal itu karena Indonesia adalah Negara Maritim sehingga jurusan satu ini memiliki prospek cerah. Jurusan merupakan bidang keilmuan yang mana banyak mempelajari perikanan dari berbagai dimensi. Keilmuan yang akan diajarkan mulai dari teknik mengelola perikanan, mengolah produk sampai manajemen bisnis. Disini Anda juga akan mempelajari tentang penangkapan ikan baik di laut maupun di darat. Yang menjadi perantara adalah nelayan sehingga ilmu yang Anda miliki ini bisa membantu kesejahteraan mereka.

Mengenal Jurusan Perikanan dan Prospek Kerjanya

Dunia Perkuliahan

Jurusan ini dibagi menjadi beberapa program seperti Budidaya Perairan, Sumber Daya Perikanan, Agrobisnis Perikanan dan Teknologi Hasil Perikanan.  Anda harus menempuh pendidikan selama 4 tahun atau 8 semester untuk meraih gelar Sarjana Perikanan.  Kuliah di jurusan ini seru karena praktikum kadang dilakukan di daerah pesisir, Anda bisa belajar sekalian jalan-jalan.

Anda juga mempelajari Manajemen Sumber Daya Perairan. Fokus dari mata kuliah ini adalah menjaga kelestarian Sumber Daya Perairan, teknik kelautan, merakit alat tangkap, memanfaatkan sumber daya hayati secara rasional.  Anda juga bisa mempelajari tentang bisnis perikanan dan kesejahteraan nelayan. Dalam program ini Anda menjumpai mata kuliah Ekonomi Sumber Daya Perairan, Manajemen Spesies Asli, Pengendalian Pencemaran Perairan dan sebagainya.

Dalam teknologi hasil perikanan Anda akan mempelajari berbagai macam teknologi untuk mengelola hasil perikanan. Tujuannya agar memiliki nilai tambah sehingga berguna untuk kehidupan manusia kedepannya. Anda juga akan belajar bagaimana cara melakukan ekstraksi hasil perikanan. Setelah itu ekstraksi diubah menjadi antioksidan, antikanker, antibakteri dan sebagainya. 

Mata kuliah yang akan Anda tempuh seperti Pengendalian Mutu Hasil Perikanan, Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Gizi Ikan, Mikrobiologi Pangan Ikan, Penanganan Hasil Perikanan dan masih banyak lagi lainnya.

Prospek Kerja

Peluang karir yang menanti lulusan jurusan perairan ini sangat banyak. Anda bisa bekerja di instansi pemerintah, perusahaan swasta, BUMN, dan LSM atau Lembaga Swadaya Masyarakat. Anda juga bisa bekerja di bidang lainnya seperti perbankan, asuransi dan sebagainya.

Soal gaji pun kompetitif dimana besaran gaji ini sesuai dengan pengalaman, tempat bekerja, posisi dan kemampuan Anda.  Beberapa pilihan karir yang bisa menjadi pilihan Anda adalah PNS, teknisi konservasi lingkungan, dosen, sistem analis, peternak, QA dan QC.

Mengapa Memilih Jurusan Perikanan?

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memilih jurusan satu ini. Anda bisa berkarir di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Anda bisa bekerja dalam bidang seperti analisis kebijakan, analisis perizinan, analisis perencanaan dan sebagainya.

Anda bisa bekerja di perusahaan dalam industri pengolahan makanan terutama yang menggunakan bahan baku. Perusahaan tersebut membutuhkan lulusan jurusan Perikanan sebagai staf penjamin mutu. Anda juga bisa bergabung dengan organisasi nirlaba untuk membangun ekonomi pesisir.

Prospek dari Jurusan Perikanan ini cerah karena Indonesia sendiri merupakan negara Maritim, semoga informasi ini bermanfaat terutama bagi Anda yang bingung menentukan jurusan di perguruan tinggi.