Jurusan Teknik Industri Pertanian

Nama lain program studi

Teknik Industri Pertanian

Pelajaran SMA terkait

Biologi

Matematika

Deskripsi

Jurusan teknik menjadi incaran banyak calon mahasiswa. Salah satu diantaranya adalah Teknik Industri Pertanian. Saat mendengar kata “pertanian”, yang pertama kali muncul di kepala mungkin adalah sawah, mencangkul, menanam, dan lain-lain. Jurusan ini sendiri sebenarnya mempelajari teknologi dan manajemen industri untuk kemudian diterapkan di bidang pertanian. Di sini, mahasiswa akan belajar persoalan agroindustri dengan pendekatan kaidah ilmu penelitian yang aplikatif.

Bercita-Cita Jadi Petani Modern? Masuk Teknik Industri Pertanian Aja!

Sekilas Tentang Jurusan Teknik Industri Pertanian

Di zaman modern ini, teknologi berperan penting di hampir semua bidang, termasuk pertanian. Bertani tidak harus bersifat tradisional. Kita bisa memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan hasil tani, dan menjawab berbagai persoalan yang ada. Nah, di jurusan inilah kamu akan mempelajari hal-hal tersebut. 

Sebenarnya, belajar agroindustri lebih fokus membahas kegiatan pasca panen. Maksudnya, studi ini mempelajari proses pasca panen serta arah pengolahannya. Sehingga, produk tani yang dihasilkan bisa bermanfaat dan punya kualitas yang baik. Program studi ini mengajarkan mahasiswanya untuk belajar mengolah hasil pertanian secara optimal. Bagaimana hasil tani bisa diolah dari bahan mentah menjadi sesuatu bernilai jual tinggi. Karena itu, dibutuhkan kreativitas dan inovasi baru untuk melakukan hal tersebut.

Teknik Industri Pertanian adalah bagian dari ilmu terapan untuk bidang pertanian. Mahasiswa belajar tentang perencanaan, perancangan, hingga pengembangan sistem dalam kegiatan agroindustri. Tujuannya adalah menemukan pola yang optimal untuk memberikan hasil tani yang diinginkan. 

Di jurusan ini, mahasiswa pun akan belajar berbagai teknologi inovatif di bidang pertanian. Karena itulah, lulusan ini diharapkan bisa terus berinovasi dan menciptakan teknologi yang bermanfaat. Inovasi tersebut akan sangat membantu dunia pertanian dalam memperoleh hasil yang maksimal. 

Meskipun fokus membahas pertanian, kamu akan bertemu dengan cabang ilmu pengetahuan lainnya seperti ilmu sosial, ekonomi, budaya, fisika, kimia, teknologi, matematika dan lain-lain.  Kemudian, karena menjadi bagian dari ilmu terapan, mahasiswa tidak hanya belajar teori di kelas saja. Sesekali kamu akan diminta turun ke lapangan untuk meneliti secara langsung. 

Prospek Kerja Teknik Industri Pertanian

Mengenai prospek kerja, jurusan Teknik Industri Pertanian punya masa depan yang sangat panjang. Seperti kita tahu, kebutuhan hasil tani seperti sandang dan pangan dibutuhkan setiap waktu. Jadi, lulusan teknik pertanian tidak akan bingung kehabisan lapangan pekerjaan. Banyak perusahaan nasional di bidang agroindustri mencari lulusan teknik pertanian untuk bekerja di perusahaan mereka. Selain itu, perusahaan lain seperti manufaktur, perkebunan, hingga perusahaan teknologi juga membutuhkan lulusan dari jurusan ini. Adapun prospek kerja yang bisa didapat antara lain:

  1. Ahli Teknik Pertanian
  2. Manajer Pertanian dan Peternakan
  3. Peneliti Pangan
  4. Wirausahawan
  5. Manajer Produksi
  6. Menjadi Pengajar/Dosen
  7. Dll.

Itulah penjelasan tentang jurusan Teknik Industri Pertanian. Jurusan ini cocok dipilih oleh kamu yang berminat di bidang teknologi dan industri pertanian.