Jurusan Teknik Nuklir

Nama lain program studi

Teknik Nuklir

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Deskripsi

Teknik nuklir adalah satu dari sekian prodi langka yang ada di Indonesia. Jurusan ini bisa kamu temukan di Universitas Gadjah Mada (UGM), atau Sekolah Tinggi Teknik Nuklir (STTN). Di sini, kamu tidak diajarkan untuk membuat bom nuklir atau semacamnya. Tetapi, lebih ke pengaplikasian nuklir dalam kehidupan sehari-hari. Program ini sendiri mempelajari inti atom dan penerapannya menggunakan prinsip-prinsip fisika nuklir. Kemudian, ilmu ini juga mempelajari bagaimana interaksi antara radiasi dengan suatu material tertentu.

Kuliah Teknik Nuklir, Habis Lulus Jadi Apa? Simak Penjelasannya di Sini

Mengapa Memilih Teknik Nuklir?

Seperti disebutkan sebelumnya, Teknik nuklir adalah studi yang fokus mempelajari inti atom. Program studi ini banyak menggunakan pendekatan fisika, sehingga cocok dipilih oleh kamu yang menyukai ilmu tersebut. Yang menjadi subjek pembelajaran meliputi perencanaan, pengembangan, perawatan, hingga komponen fisik dari nuklir. Kamu akan dikenalkan dengan PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir), senjata nuklir, atau pengaplikasian nuklir di bidang kesehatan. Jika pernah mendengar istilah radioterapi dan radiodiagnosis, maka dua hal tersebut adalah bagian dari produk ilmu nuklir. 

Sebagian orang mungkin mengenal nuklir hanya sebatas senjata pemusnah massal yang mematikan. Padahal, penggunaan nuklir banyak dipakai di bidang lainnya yang bermanfaat. Contohnya saja pemanfaatan nuklir sebagai sumber energi di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir.  Indonesia sendiri mungkin masih mengandalkan batu bara untuk pembangkit listrik. Namun, beberapa tahun ke depan bukan tidak mungkin mulai banyak PLTN  yang didirikan sehingga memberi prospek karir yang cemerlang. 

Dunia Perkuliahan Teknik Nuklir

Kamu yang kuliah di jurusan Teknik nuklir akan disajikan beberapa mata kuliah seperti aljabar, kalkulus, kimia dasar, elektromagnetika, elektronika nuklir, komputasi nuklir, fisika reaktor nuklir, rangkaian listrik dan sebagainya. Dari beberapa mata kuliah tersebut, bisa dipastikan kalau nantinya kamu akan berteman akrab dengan rumus dan hitung-hitungan angka. Selain belajar teori di kelas, mahasiswa pun akan sering belajar dan praktek di luar kelas seperti laboratorium. 

Nantinya, lulusan prodi ini diharapkan punya kompetensi untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu nuklir di kehidupan sehari-hari. Selain itu, hal lainnya yang terkait dengan nuklir seperti pemanfaatan galian, penanganan radioaktif yang aman, radiasi di rumah sakit juga menjadi hal lainnya yang harus dipahami mahasiswa jurusan ini. 

Karir dan Prospek Kerja

Lulusan Teknik nuklir bisa bekerja di berbagai bidang yang sangat bergengsi.  Banyak perusahaan besar seperti PLTN, PLN, Pertamina, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) hingga Kementerian ESDM yang membutuhkan insinyur dari program ini. Selain itu, beberapa bidang kedokteran juga membutuhkan SDM yang ahli di bidang nuklir, baik sebagai peneliti atau pun sebagai pengajar. Kalau ingin berkarir di bidang pertambangan dan perminyakan, maka jurusan ini bisa menjadi solusinya. Selain bergengsi, perusahaan-perusahaan tersebut akan memberimu gaji yang sangat besar.