Jurusan Teknik Perminyakan

Nama lain program studi

Teknik Perminyakan

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Deskripsi

Teknik Perminyakan adalah jurusan populer yang banyak diincar calon mahasiswa. program studi ini menawarkan prospek kerja yang menggiurkan, dengan kisaran gaji yang sangat fantastis. Rata-rata lulusan profesionalnya mendapatkan gaji hingga puluhan juta setiap bulan. Jadi, kamu yang menginginkan masa depan cerah wajib mempertimbangkan untuk kuliah di jurusan ini.

Teknik Perminyakan, Program Studi dengan Prospek Gaji Menggiurkan

Sekilas Tentang Teknik Perminyakan

Program studi ini mempelajari hal yang berkaitan dengan perminyakan. Mulai dari produksi, pengeboran, manajemennya, hingga reservoir, semua dibahas dalam jurusan Teknik Perminyakan. Apa itu reservoir? Reservoir adalah tempat hidrokarbon yang berisi minyak, gas dan panas bumi yang masih terperangkap di lapisan inti bumi. Untuk mendapatkannya, diperlukan proses pengeboran untuk kemudian dialirkan dari reservoir sampai ke lapisan permukaan dan diproduksi. Nah, hal-hal semacam inilah yang nanti menjadi bahan pembahasan di program studi perminyakan. 

Karena cukup populer, jurusan ini bisa ditemukan di beberapa kampus di Indonesia. Misalnya, Institut Teknologi Bandung, UPN Veteran Yogyakarta, atau Akademi Minyak dan Gas Bumi. Jurusan ini bisa juga ditemukan di beberapa perguruan tinggi swasta, seperti Universitas Trisakti, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dan lain-lain. 

Dunia Perkuliahan Teknik Perminyakan

Teknik Perminyakan tidak terbatas mempelajari masalah perminyakan saja. Ada disiplin ilmu lainnya yang masuk ke dalam kurikulum, seperti kimia, fisika, matematika, dan lain sebagainya. Jadi, bisa dibayangkan kalau nantinya kamu akan banyak berkutat dengan teori dan hitung-hitungannya. 

Bagi yang menyukai sains dan matematika hal tersebut bukan menjadi suatu masalah. Sementara bagi yang kurang menyukainya, mungkin dibutuhkan usaha lebih dalam menjalani dunia perkuliahan.  Namun, mengingat prospek kerjanya yang cerah, jurusan ini sangat layak untuk kamu perjuangkan. 

Mata kuliah yang akan ditemui di kelas antara lain teknik reservoir, geologi dasar, kalkulus, geologi migas, kimia dasar, fisika dasar, matematika teknik dan lain sebagainya. Selain belajar di kelas, mahasiswa akan akrab dan bersahabat dengan laboratorium. Hal ini cocok bagi kamu yang menyukai observasi, senang melakukan riset, melakukan analisa, dan bekerja sama dengan tim. 

Karir dan Prospek Kerja

Membahas karir dan prospek kerja adalah hal paling menarik dalam artikel ini. Sebab, ketika berbicara karier kamu bisa lebih terpacu dan bersemangat untuk menggapai apa yang diinginkan. Lantas, bagaimana karir dan masa depan para lulusan perminyakan?

Bisa ditebak bahwa mayoritas alumni Teknik Perminyakan bekerja di industri perminyakan. Mereka terjun langsung dalam proses pencarian minyak, proses produksi hingga proses pemanfaatanya. Sehingga, jika kamu lulus di program studi ini maka berkesempatan untuk bekerja di Pertamina, Chevron, Medco, atau perusahaan bergengsi lainnya.  Selain bergengsi, perusahaan tersebut mampu membayar pekerjanya dengan nominal angka yang luar biasa.