Jurusan Teknik Geomatika

Nama lain program studi

Teknik Geomatika

Pelajaran SMA terkait

Matematika

Deskripsi

Fakultas teknik menawarkan banyak jurusan kuliah yang beragam. Satu di antaranya adalah teknik geomatika. Jurusan ini mungkin tidak seterkenal jurusan teknik informatika atau teknik komputer. Padahal, geomatika memberikan karir masa depan yang cukup cerah. Secara singkat, geomatika adalah bidang studi dalam bidang perekaman, pengukuran, analisa, dan pengelolaan data lokasi kebumian atau yang biasa disebut data spasial.

Mengenal Jurusan Teknik Geomatika, Dunia Perkuliahan dan Prospek Kerjanya

Sekilas Tentang Ilmu Geomatika

Pernahkah kamu berpikir bagaimana perusahaan ojek online menentukan tarif mereka? Lalu, mengapa ada perbedaan harga pada waktu dan wilayah tertentu? Nah dalam menentukan hal tersebut perusahaan biasanya menerapkan pendekatan geomatika. 

Geomatika adalah kombinasi dari ilmu geodesi dan informatika. Ilmu ini fokus mempelajari pengukuran bumi, serta benda-benda langit di sekitarnya. Nantinya, penyajian data akan menggunakan sistem informatika, yang mempelajari struktur, sifat, pemrosesan sehingga bisa ditampilkan dalam bentuk informasi. 

Sederhananya, teknik geomatika adalah ilmu yang mempelajari pemetaan, pemodelan, hingga analisis data spasial menggunakan teknologi informasi. Jurusan ini ada kemiripan dengan jurusan teknik geodesi, sebab masih ada dalam satu turunan ilmu pengetahuan yang sama. Hanya saja, proses pemetaan geomatika dan geodesi akan sedikit berbeda. Geodesi banyak melakukan pendekatan manual, sedangkan geomatika sudah menerapkan pendekatan teknologi dan digitalisasi. 

Alasan Memilih Jurusan Teknik Geomatika

Alasan pertama mengapa harus masuk geomatika adalah karir masa depan yang cerah. Kamu punya  peluang bekerja di sektor pertambangan, Lembaga pemerintahan, lembaga penelitian, dan lain sebagainya. Selain itu, jurusan ini cocok dipilih oleh kamu yang menyukai pekerjaan lapangan. Sebab, beberapa mata kuliah mengharuskan mahasiswanya untuk turun dan melakukan survey di lapangan. Jadi, dunia perkuliahan tidak sebatas mempelajari teori di kelas saja. 

Dunia Perkuliahan

Sebagian besar jam kuliah geomatika banyak membahas ilmu bumi dan sistem informatika. Kamu bakal disuguhi beberapa mata kuliah seperti kalkulus, geomatika dasar, geofisika, kartografi, sistem basis data, penginderaan jauh, oseanografi dan beragam mata kuliah lainnya. 

Dari mata kuliah tersebut, bisa dilihat kalau nantinya kamu akan sering melakukan perhitungan. Jadi, bagi kamu yang menyukai matematika, informatika, ilmu kebumian, observasi, hobi turun ke lapangan maka boleh mencoba kuliah di jurusan ini. 

Lulusan teknik geomatika diharapkan menguasai ilmu navigasi dan pemetaan berdasarkan pendekatan teknologi informasi. Nantinya, ilmu ini bisa diterapkan di berbagai bidang seperti kelautan, lingkungan, kehutanan, military permukiman, industri pertambangan dan lain-lain. 

Karir dan Prospek Kerja

Lulusan teknik geomatika tidak akan kebingungan dalam menentukan karir masa depan. Sebab, banyak prospek kerja yang menjanjikan di banyak perusahaan bergengsi di Indonesia. Misalnya, kamu bisa bekerja sebagai land surveyor, bekerja di pertambangan, bekerja di BMKG dan lain sebagainya. Selain cukup bergengsi, perusahaan tersebut bisa memberi kamu pendapatan yang lumayan besar.