Jurusan Teknik Material

Nama lain program studi

Teknik Material

Pelajaran SMA terkait

Kimia

Fisika

Deskripsi

Pernahkah kamu berpikir bagaimana sebuah kapal selam dapat bertahan di dalamnya air dengan tekanan yang sangat tinggi? Selain dirancang dengan teknik khusus, hal tersebut bisa terjadi karena penggunaan material tertentu di dalamnya. hasilnya, kapal pun jadi lebih kuat dan bisa bertahan di lingkungan yang sangat ekstrem. Nah, hal semacam ini merupakan tugas dari lulusan teknik material. Mereka akan menentukan material yang cocok untuk pembuatan suatu produk. Sehingga, hampir setiap produk yang kita gunakan pasti ada kaitannya dengan ilmu yang satu ini.

Mengenal Prodi Teknik Material, Lulusan yang Diburu oleh Banyak Bidang Industri

Program Studi Teknik Material

Teknik material adalah program studi yang mempelajari sifat fisik dan kimia sebuah material, serta pengaplikasiannya di kehidupan nyata. Hal yang berkaitan dengan struktur materi, sifat dan karakteristiknya akan dibahas dalam bidang studi ini. Nantinya, mahasiswa lulusan ini diharapkan mampu memanfaatkan material tertentu sehingga punya nilai guna yang tinggi. 

Dunia Perkuliahan

Jurusan ini berkaitan dengan cabang ilmu alam seperti kimia, biologi, fisika, ilmu komputer dan sebagainya.  Nantinya, mahasiswa banyak mengkaji sifat suatu material dan bagaimana hal tersebut bisa berguna untuk kehidupan nyata. Beberapa mata kuliah yang dipelajari antara  lain material polimer, material komposit, lab. Teknik material, elektrokimia, bahan baku keramik, metoda komputasi dalam teknik material dan lain sebagainya. 

Nantinya, materi yang dipelajari di kelas tidak akan jauh dari disiplin ilmu yang sudah disebutkan. Kamu yang memilih jurusan ini dipastikan banyak mempelajari teori-teori kimia, fisika, biologi, serta mengkombinasikannya dengan keterampilan komputasi. Komputasi sendiri merupakan perpaduan antara ilmu komputer dan matematika yang dipakai untuk memecahkan suatu masalah. Jadi, jangan kaget ketika masuk ke dunia perkuliahan, kamu akan disuguhi materi hitung-hitungan menggunakan sistem komputer. 

Selain mempelajari teori di kelas, mahasiswa teknik material akan banyak melakukan praktek di laboratorium. Hal ini bertujuan agar mahasiswa melihat langsung permasalahan seputar material secara real dan lebih nyata. Banyak pengujian dan percobaan dilakukan terhadap suatu materi. Hal ini tentu terasa mengasyikan dibandingkan belajar teori terus menerus di dalam kelas. Oleh karena itu, jika kamu punya semangat dalam meneliti, senang melakukan percobaan, menyukai hitung-hitungan, senang bereksperimen dan hobi melakukan riset, maka jurusan ini sangat cocok untuk dipilih. 

Karier dan Prospek Kerja

Teknik material menawarkan karier dan prospek masa depan yang sangat cerah. Mahasiswa jurusan ini dibekali berbagai ilmu bermanfaat yang dibutuhkan di berbagai bidang tertentu. Contohnya, ilmu komputasi yang semakin diperlukan setiap waktu. 

Selain itu, hampir semua bidang industri membutuhkan SDM yang ahli di bidang material. Sebab, setiap barang yang kita sentuh dibentuk menggunakan material tertentu yang memerlukan pemikiran seorang ahli. Arinya, kesempatan untuk memulai karier pun semakin terbuka lebar.  Adapun prospek yang bisa didapat antara lain ahli teknik material, bekerja di industri pertambangan, logam, manufaktur, perminyakan dan gas, kelistrikan, pendidikan, dan lain-lain.