Jurusan Teknik Metalurgi

Nama lain program studi

Teknik Metalurgi dan Material

Teknik Metalurgi

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Kimia

Deskripsi

Jurusan teknik metalurgi berkaitan erat dengan bidang perlogaman. Studi ini fokus mempelajari sifat kimia logam dan memahami penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Metalurgi mungkin tidak sepopuler jurusan teknik lainnya. Selain hanya tersedia kampus tertentu, masih banyak yang bingung dengan prospek kerja dari jurusan ini. Padahal, lulusan metalurgi adalah salah satu yang mendapat bayaran besar seperti jurusan populer lainnya.

Teknik Metalurgi, Jurusan Anti Mainstream dengan Prospek Menjanjikan

Kenapa Memilih Jurusan Teknik Metalurgi?

Jurusan metalurgi membuka kesempatan bagi yang memiliki minat khusus di bidang perlogaman. Di sini, kamu bakal mendalami ilmu perlogaman, mulai dari materi, sifat, pemrosesan, sampai akhirnya dipakai di kehidupan sehari-hari. Yang pasti akan banyak ilmu baru yang tidak dipelajari di bangku SMA. 

Selain belajar logam, nantinya kamu juga belajar materi lain seperti plastik dan keramik. Cakupan ilmu yang didapatkan memang cukup luas namun masih berkaitan dengan bidang material. Artinya, lebih banyak kesempatan kerja yang terbuka untuk kamu memulai karier masa depan. 

Masuk di Jurusan Teknik Metalurgi, Apa yang Dipelajari?

Sebagian besar waktu kuliah akan dihabiskan untuk mempelajari teori-teori ilmu alam. Di semester awal teknik metalurgi kamu akan menemukan mata  kuliah kimia dasar, fisika dasar, hingga mata kuliah kalkulus. Ketika naik semester, pembahasan akan semakin mengerucut dan fokus pada satu bidang. Kamu juga akan belajar tentang metalurgi fisik, serta karakter dari sebuah atom. 

Selain belajar di kelas, sebagian waktu bakal kamu habiskan di laboratorium. Mahasiswa jurusan ini akan diajari tentang pengekstrakan logam dari awal (biji) sampai akhirnya bisa digunakan. Misalnya, proses pemisahan antara mineral berharga dengan mineral pengotor. Atau, mengenal proses pencucian batu bara, pengambilan logam berharga seperti emas, perak, timah hingga menjadi logam murni yang bernilai tinggi. 

Nah, kalau kamu senang bereksperimen dan menganalisis sesuatu, maka bagian ini akan terasa sangat menyenangkan. Selain itu, kamu pun diberi kesempatan untuk praktek kunjungan ke tempat industri agar mengenal dunia pekerjaan secara langsung. 

Karier dan Prospek Kerja Teknik Metalurgi

Peluang karier teknik metalurgi terbilang sangat luas. Nantinya, lulusan ini akan berhubungan dengan jurusan lain di dunia pekerjaan. Misalnya, kalau berkarier di industri pertambangan, maka akan bekerja dengan lulusan pertambangan. Proses pengumpulan bahan tambang mentah akan dilakukan oleh jurusan pertambangan. Sedangkan kamu yang kuliah metalurgi akan mengolah hasil tambang ke dalam proses selanjutnya.

Oleh karena itu, bagi kamu yang bercita-cita kerja di pertambangan maka bisa memilih jurusan ini sebagai alternatifnya. Lulusan teknik metalurgi juga bisa melamar di beberapa bidang strategis seperti:

  1. Industri Pertambangan
  2. Industri Otomotif
  3. Industri Ekstraksi dan Peleburan Logam
  4. Industri Baja
  5. Industri Perminyakan dan Gas
  6. Lembaga Penelitian
  7. Lembaga Pendidikan