Jurusan Manajemen Rekayasa Industri

Nama lain program studi

Manajemen Rekayasa Industri

Manajemen Rekayasa

Pelajaran SMA terkait

Matematika

Deskripsi

Manajemen Rekayasa Industri atau MRI menjadi jurusan yang langka. Bisa dikatakan jurusan ini sangat eksklusif karena menggabungkan ilmu manajemen dan ilmu rekayasa atau engineering. Meski sangat prospektif jurusan satu ini hanya ada di satu PTN saja sehingga tingkat persaingannya cukup ketat. Jurusan ini hanya bisa Anda temukan di ITB, sebelum menjadi jurusan seperti saat ini MRI hanya dikenalkan sebagai mata kuliah saja. Baru di tahun 2010 dibentuk secara independen sebagai jurusan.

Mengenal Jurusan Manajemen Rekayasa Industri, Langka Namun Prospektif

Dunia Perkuliahan

Hal menarik dari Manajemen Rekayasa Industri adalah dunia perkuliahannya. Di awal tahun pertama mahasiswa harus ikut TPB dimana tahap ini adalah perkenalan terhadap perilaku ilmiah. Selain itu menjadi proses pembelajaran yang dilakukan di ITB.  Saat kuliah Anda akan belajar tentang sains, seni dan teknologi. Pada tahap TPB Anda akan diberikan kesempatan untuk memilih prodi. 

Anda sebagai mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk memilih prodi atau jurusan. Penempatan masing-masing prodi ini akan disesuaikan dengan minat dan hasil akademisnya selama satu tahun. Tujuannya untuk memastikan jika tidak ada mahasiswa yang salah dalam memilih jurusan.

Baru di tahun kedua ini Anda akan berhadapan dengan mata kuliah Manajemen Rekayasa Industri. Mata kuliah yang dipelajari adalah ekonomi, proses manufaktur dan perancangan, statistik dan masih banyak lagi lainnya. Jika Anda bertanya mengapa ada mata kuliah ekonomi yang harus Anda ketahui adalah jurusan ini akan melibatkan manajemen di dalamnya.

Pada tahun ketiga pembelajaran yang dilakukan di MRI ini semakin dalam. Hal itu karena di sudah ada pilihan konsentrasi. Di tahun ini Anda akan belajar tentang pemasaran, proses bisnis dan desain organisasi. Anda juga akan mempelajari manajemen proyek, rekayasa faktor manusia, sistem informasi, manajemen teknologi dan merancang integrasi. Tahun ketiga ini menjadi tahun paling padat dan paling sibuk karena Anda harus menyelesaikan sebanyak 38 SKS dengan baik. 

Tahun ketiga Anda tidak hanya mengikuti perkuliahan saja namun juga sibuk dengan berbagai macam proyek. Selanjutnya pada tahun keempat Anda akan belajar beberapa mata kuliah. Anda akan belajar tentang analisis risiko, kesehatan kerja juga keselamatan lingkungan. Anda harus menyelesaikan praktek integrasi multidisiplin dan tidak lupa Anda harus menyelesaikan tugas akhir.

Memiliki Prospek yang Luas

Bisa dikatakan bahwa jurusan satu ini memiliki prospek yang bagus dan luas. Anda bisa mendapatkan pekerjaan dengan masa tunggu 3 bulan saja, sedangkan mahasiswa rata-rata menyelesaikan pendidikannya dalam waktu 4,5 tahun. Hal tersebut menunjukkan fakta bahwa lulusan jurusan ini mudah terserap dalam dunia kerja.

Kebanyakan lulusan ini bekerja di perusahaan multinasional. Anda juga bisa bekerja di perusahaan yang berbasis inovasi seperti startup digital. Anda juga bisa bekerja di perusahaan teknologi, consumer goods bahkan Anda bisa bekerja di BUMN. Anda juga bisa membangun bisnis Anda sendiri. Pilihan karir yang bisa dipilih manajer produksi industri dan ahli teknik industri.

Dibandingkan dengan jurusan lain, jumlah mahasiswa di jurusan Manajemen Rekayasa Industri ini tidak banyak, sayangnya tingkat persaingan masih cukup ketat sehingga jika menjadikan jurusan ini sebagai pilihan, persiapkan diri Anda sebaik-baiknya agar bisa lolos seleksi, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda