Jurusan Teknik Lingkungan

Nama lain program studi

Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan

Rekayasa Infrastruktur Lingkungan

Geografi Lingkungan

Teknik Lingkungan

Ilmu Lingkungan

Sains Informasi Geografi

Pelajaran SMA terkait

Kimia

Fisika

Deskripsi

Teknik Lingkungan adalah bidang keilmuan mempelajari teknik pemeliharaan dan perlindungan kesehatan manusia dan lingkungan. Saat kuliah, Anda akan mempelajari berbagai macam masalah lingkungan, sumber daya air, pengelolaan lingkungan, mengendalikan pencemaran akibat limbah dan masih banyak lagi lainnya.

Bagaimana Prospek Jurusan Teknik Lingkungan? Simak Selengkapnya Disini!

Pengetahuan dan Keahlian

Ada berbagai macam pengetahuan dan juga keahlian yang bisa Anda dapatkan disini. Anda akan mendapatkan pengetahuan dan keahlian seperti experimental skill, design abilities, kemampuan meneliti. Anda juga akan bisa melakukan kemampuan analisis, mengaplikasikan matematika, sains dan juga rekayasa. Dalam jurusan ini Anda akan dilatih untuk bekerja sama secara tim.

Alasan Kuliah di Teknik Lingkungan

Ada beberapa alasan mengapa Anda bisa memilih jurusan Teknik Lingkungan. Anda yang masuk ke jurusan teknik satu ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Ilmu yang didapatkan tidak hanya memberikan manfaat untuk Anda sendiri namun membawa manfaat bagi orang banyak. Anda juga bisa menciptakan lingkungan yang baik bagi masyarakat dan juga orang banyak.

Masalah lingkungan semakin banyak dimana hal ini membuat peraturan lingkungan juga semakin diperketat. Hal ini membuat pemerintah maupun swasta berlomba untuk bisa mendapatkan ahli lingkungan terbaik. Oleh sebab itu Anda tidak perlu khawatir karena prospek jurusan satu ini sangat luas.

Anda juga bisa menjadi abdi negara atau ASN dimana bisa bergabung dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Anda juga bisa bergabung dengan Kementerian Perindustrian, Kementerian PUPR dan juga ESDM. Selain itu banyak pula instansi lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan.

Alasan lainnya mengapa Anda bisa memilih jurusan satu ini adalah Anda bisa bergabung dengan perusahaan yang mana bergerak pada bidang pertambangan, perkebunan, petrokimia dan lain sebagainya. 

Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang dimana Anda bisa bekerja sebagai petugas di bidang konservasi alam. Anda akan bertanggung jawab untuk melindungi, mengelola dan juga meningkatkan kualitas lingkungan. Anda akan meningkatkan kualitas padang rumput, hutan, gunung dan juga sungai. Anda juga akan bisa bekerja yang berhubungan dengan habitat laut. Anda akan memainkan banyak peran sekaligus memberikan pemahaman ke masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan alam.

Prospek Kerja

Hampir semua sektor ini membutuhkan ahli lingkungan. Dari sektor pertambangan, perkebunan, sampai industri makanan dan minuman. Lulusan teknik dibutuhkan untuk mengelola limbah, mengolah air selain itu juga memastikan keselamatan maupun kesehatan pekerja. 

Umumnya rata-rata gaji awal fresh graduate berada di kisaran 4 juta rupiah. Gaji yang akan diberikan ini akan mempertimbangkan kemampuan, tempat bekerja dan juga tingkatan pekerjaan. Anda juga bisa mengembangkan potensi Anda di sektor yang lainnya misalnya saja adalah Anda bisa bekerja di ilmu perbankan maupun media.

Teknik lingkungan memiliki masa depan yang cerah sehingga Anda bisa memilih jurusan ini untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik, semoga informasi ini bermanfaat.