Jurusan Teknik Pengairan

Nama lain program studi

Teknik Pengairan

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Deskripsi

Teknik Pengairan masuk sebagai jurusan langka yang ada di Indonesia. Untuk saat ini, prodi ini hanya bisa ditemukan di Institut Teknologi Bandung dan Universitas Brawijaya Malang. Meskipun sudah ada sejak lama, jurusan ini masih kalah populer dengan jurusan teknik lainnya. Padahal, Indonesia sendiri sering mengalami masalah keairan yang butuh ilmu khusus di bidang ini. Sehingga, ada peluang besar yang bisa dapatkan jika kamu kuliah di jurusan ini.

Teknik Pengairan, Program Studi untuk Kerja di BUMN

Alasan Masuk Teknik Pengairan

Teknik Pengairan berkembang menawarkan solusi atas permasalahan keairan yang selalu timbul. Isu populer seperti masalah banjir, ketahanan pangan, banjir rob, kekeringan, degradasi lingkungan, penurunan muka air tanah menjadi lahan pembahasan di jurusan ini. Nantinya, ilmu yang dipelajari akan berguna dalam jangka panjang, mengingat permasalahan tersebut menjadi agenda tahunan yang selalu ada. 

Masalah keairan menjadi tantangan tersendiri baik di perkotaan maupun pedesaan. Di daerah kota, fenomena yang sering terjadi adalah timbulnya permasalahan seperti banjir merugikan banyak pihak. Sementara di pedesaan, masalah muncul akibat tidak maksimalnya proses pengelolaan air sehingga pemanfaatannya kurang terasa oleh masyarakat

Selain memberi solusi atas permasalahan yang ada, program studi ini membahas isu pemanfaatan sumber daya air secara tepat. Misalnya, pengelolaan suatu wilayah dengan meminimalisir pencemaran sekecil mungkin. Nantinya, hal ini melibatkan partisipasi berbagai pihak, mulai dari masyarakat, peran otonomi daerah, dan lain sebagainya. 

Materi Kuliah yang Dipelajari

Secara umum, siswa yang memilih jurusan ini akan belajar banyak tentang pengairan. Selain itu, karena cakupan studi Teknik Pengairan yang cukup luas, kamu pun akan mempelajari berbagai disiplin ilmu lainnya. Jadi, jangan jika bertemu mata kuliah ilmu teknik sipil, penginderaan jauh, matematika, hingga pertanian. 

Mahasiswa prodi ini juga belajar ilmu perencanaan, desain, hingga pengoperasian sumber daya air. Bidang pembahasannya tidak jauh dari masalah irigasi, PLTA, sistem drainase, waduk dan lain sebagainya, Selain itu, pemanfaatan sumber daya air juga dibahas dalam beberapa mata kuliah. Adapun beberapa mata kuliah jurusan ini antara lain sisstem drainase, mekanika fluida, pengelolaan DAS, hidrogeologi, hidrometorologi dan beberapa mata kuliah lainnya. 

Di jurusan ini, kamu disuguhi berbagai teori keairan yang berguna untuk perencanaan dan mengatasi berbagai jenis masalah. Selain itu, kamu pun akan turun ke lapangan langsung dan melihat fenomena keairan secara lebih real.

Prospek Karier dan Pekerjaan

Lulusan Teknik Pengairan punya prospek kerja di berbagai bidang. Mereka bisa menjadi seorang insinyur sipil, ahli hidrologi, teknisi saluran air, pengawas konstruksi dan bangunan, hingga spesialis pengairan. Target utama yang pasti diincar adalah bekerja di perusahaan BUMN seperti PDAM, PLN, Dinas Pengairan Daerah, Dinas Pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan lain-lain. Selain itu, lulusan prodi ini bisa juga bekerja di bidang lainnya seperti menjadi pengusaha atau bekerja di lembaga pendidikan sebagai dosen.